Asal-usul Nama Trenggalek

Kompas.com - 26/11/2021, 14:00 WIB
Menak Sopal bertemu dengan Mbok Randa Buku Cerita rakyat dari Trenggalek (Jawa Timur) / Edy Santosa dan Jarot SetyonoMenak Sopal bertemu dengan Mbok Randa

KOMPAS.com - Trenggalek merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. 

Konon, nama Trenggalek berasal dari kata teranging galih yang diberikan oleh Ki Ageng Sinawang.

Sebutan teranging galih, yang berarti terangnya hatimu, berasal dari legenda Mbok Randa yang memelihara gajah putih.

Asal nama Trenggalek

Dahulu, ada sepasang suami istri bernama Ki Ageng Sinawang dan Raden Ayu Saraswati yang merawat seorang bayi laki-laki bernama Menak Sopal. 

Berbeda dari bayi-bayi lain, Menak Sopal terbilang cukup aneh. Setiap malam hari, ketika sedang tidur, tubuhnya akan mengeluarkan sinar bak kunang-kunang.

Raden Ayu Saraswati dan Ki Ageng Sinawang percaya bahwa sinar itu menandakan bahwa kelak Menak Sopal akan menjadi pemuda yang luar biasa. 

Dugaan mereka pun benar. Ketika Menak Sopal sudah tumbuh dewasa, ia menjadi pria yang sangat senang menolong orang lain dan memiliki keahlian malih rupa (berubah wujud). 

Baca juga: Asal-usul Nama Grobogan

Suatu ketika, penduduk di sekitar tempat tinggal Menak Sopal di Padepokan Sinawang mengalami masalah kekurangan air. 

Karena masalah itu, mereka kerap berebut air di tepi Sungai Bagong. Menak Sopal pun ingin membantu para penduduk yang sedang kekurangan air.

Menak Sopal lantas menyelidiki keadaan di sekitar Sungai Bagong. Beberapa hari kemudian, ia memutuskan untuk membendung airnya. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.