Huristak, Kerajaan yang Tidak Tersentuh Bangsa Penjajah

Kompas.com - 26/11/2021, 08:00 WIB
Bagas Godang Huristak, sisa peninggalan Kerajaan Huristak. Tribun Medan/AlijaBagas Godang Huristak, sisa peninggalan Kerajaan Huristak.

KOMPAS.com - Kerajaan Huristak adalah salah satu kerajaan batak yang pernah berdiri di Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Ketika didirikan pada abad ke-16 oleh keturunan Kekaisaran Kushan dari India, kerajaan ini bercorak Buddha seperti leluhurnya.

Pengaruh Islam kemudian masuk pada abad ke-19 dan secara resmi mengubah corak kerajaan ketika rajanya menjadi Muslim.

Meski namanya tidak sepopuler kerajaan-kerajaan besar di Sumatera, Kerajaan Huristak ternyata tidak pernah tersentuh oleh bangsa penjajah.

Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh penguasanya untuk menjadikan Huristak sebagai basis perjuangan dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Kerajaan Dharmasraya: Sejarah, Raja-raja, dan Peninggalan

Sejarah awal Kerajaan Huristak

Sebelum berdiri Kerajaan Huristak, jauh pada abad pertama Masehi telah berdiri Kerajaan Batak, yang telah menjalin hubungan dagang dengan bangsa asing dari berbagai negara, salah satunya dengan pedagang India.

Kerajaan Huristak sendiri bersilsilah langsung kepada Kekaisaran Kushan di India Utara, yang rajanya melakukan ekspansi hingga ke Nusantara.

Kerajaan ini didirikan oleh cucu Raja Soduguron (Kerajaan Batta Pannai) pada abad ke-16 dan diperintah oleh Ompu Suhataon sebagai raja pertamanya.

Horistak bercirikan Batak-Melayu Tua dan berasimilasi dengan kebudayaan Orissa di India Utara yang bercorak Buddha Siwa.

Pada periode kekuasaan raja kedua, kerajaan ini terlibat perang dengan Sultan Siak dan berhasil meraih kemenangan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.