Apa yang Menyebabkan Peradaban Aztec Hancur?

Kompas.com - 25/10/2021, 14:00 WIB
Penaklukan bangsa Spanyol atas Suku Aztec pada abad ke-16. Encyclopædia BritannicaPenaklukan bangsa Spanyol atas Suku Aztec pada abad ke-16.

KOMPAS.com - Suku Aztec pernah membangun kekaisaran dan peradaban yang mendominasi wilayah Mesoamerika (Meksiko dan Amerika Tengah) antara abad ke-14 hingga abad ke-16.

Dalam penaklukannya, suku yang dikenal mahir berperang ini berhasil memperluas wilayah dan memperoleh kekayaan yang melimpah.

Meski sempat menjadi kekuatan yang tidak terkalahkan di Meksiko dan Guatemala, masa keemasan Kekaisaran Aztec tidak berlangsung lama.

Lantas, apa yang menyebabkan peradaban Aztec hancur pada abad ke-16?

Kedatangan penjajah Spanyol

Penyebab utama runtuhnya peradaban Aztec adalah kedatangan bangsa penjajah dari Spanyol pada abad ke-16.

Pada 1517, Gubernur Spanyol di Kuba, Diego Velasquez, mengirim ekspedisi untuk menjelajahi sepanjang pantai Amerika.

Baca juga: Suku Aztec: Sejarah, Peradaban, dan Peninggalan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka sempat bertemu dengan Suku Aztec, tetapi belum menyadari bahwa penduduk asli yang ditemuinya adalah bagian dari kelompok yang membangun peradaban besar dan memiliki harta karun berlimpah.

Setelah itu, Hernan Cortez meminta kepada Velasquez agar diizinkan untuk memimpin ekspedisi kedua ke Meksiko, tetapi digagalkan.

Cortes, yang berambisi untuk menaklukkan wilayah atas nama Kerajaan Spanyol, tidak menghiraukan keputusan Velasquez dan kemudian berangkat membawa armada yang terdiri dari 11 kapal, 500 tentara, dan 100 pelaut ke Meksiko.

Pada Maret 1519, Hernan Cortes pertama kali mendarat di Tabasco dan mulai belajar dari penduduk asli bernama Jeronimo de Aguilar tentang peradaban Aztec, yang kala itu diperintah oleh Kaisar Moctezuma II.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.