Asal-usul Nama Yogyakarta

Kompas.com - 24/09/2021, 15:00 WIB
Tugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja. ShutterstockTugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja.

KOMPAS.com - Yogyakarta istimewa lewat budaya dan kenangannya. Namanya diabadikan dalam berbagai karya seni, buku, dan lagu.

Tapi tahukah Anda asal usul nama Yogyakarta?

Nama Yogyakarta diambil dari dua kata, yaitu Ayogya atau Ayodhya yang berarti kedamaian dan Karta yang berarti baik.

Baca juga: Mengapa Yogyakarta dan Aceh Menjadi Daerah Istimewa?

Sejarah Yogyakarta

Kota Yogyakarta dibangun pada 1755, bersamaan dengan dibangunnya Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I di Hutan Beringin.

Kemudian, pasca-kemerdekaan Indonesia, Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paku Alam VIII menyatakan pada Presiden RI bahwa daerah Kasultanan Yogyakarta dan Daerah Pakualaman menjadi bagian wilayah Negara Republik Indonesia.

Lalu, kedua daerah ini bergabung menjadi satu kesatuan bernama Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sri Sultan HB IX dan Sri Paku Alam VIII sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia.

Kota Yogyakarta yang mencakup daerah Kasultanan dan Pakualaman baru menjadi Kota Praja atau Kota Otonomi dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1947.

Dalam UU tersebut, pasal I menyatakan bahwa Kabupaten Kota Yogyakarta yang meliputi wilayah Kasultanan dan Pakualaman serta beberapa daerah dari Kabupaten Bantul ditetapkan sebagai daerah yang berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri.

Berikutnya, atas dasar Tap MPRS Nomor XXI/MPRS/1966 dikeluarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang pokok-pokok pemerintahan daerah.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.