Dampak Renaissance bagi Dunia

Kompas.com - 23/09/2021, 09:00 WIB
Karya seni dari Zaman Renaissance yang berpengaruh terhadap dunia. BritannicaKarya seni dari Zaman Renaissance yang berpengaruh terhadap dunia.

KOMPAS.com - Periode sejarah yang dikenal dengan sebutan Renaissance berlangsung dari sekitar abad ke-15 hingga abad ke-17.

Renaissance berasal dari bahasa Prancis, yang artinya kelahiran kembali, di mana bangsa Eropa mulai meninggalkan Abad Pertengahan dan menuju zaman modern.

Perubahan paling signifikan yang muncul sebagai akibat dari Renaissance dapat dilihat pada arsitektur Eropa, seni, sastra, matematika, musik, filsafat, politik, agama, dan sains.

Selain di Eropa, dampak Renaissance juga dapat dirasakan oleh masyarakat dunia, bahkan meninggalkan warisan yang membentuk banyak aspek kehidupan modern.

Berikut ini dampak atau pengaruh Renaissance bagi dunia pada berbagai bidang.

Bidang seni dan ilmu pengetahuan

Zaman Renaissance memunculkan berbagai macam inovasi dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan.

Pengaruh seni dan arsitektur dari periode Renaissance bahkan mampu bertahan lama hingga abad-abad berikutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti contohnya, mahakarya Michelangelo, Leonardo da Vinci, Raphael, dan master Renaissance lainnya kemudian dijadikan standar karya seni yang berkualitas.

Metode yang diciptakan Filippo Brunelleschi untuk menunjukkan perspektif pun masih diajarkan dan digunakan sampai sekarang.

Pada Zaman Renaissance, ilmu pengetahuan mengalami perkembangan pesat ketika para humanis menemukan dan menyebarkan dokumen-dokumen kuno tentang matematika, kedokteran, dan topik lainnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.