Pemain Indonesia Sudah Salah sejak Level Dasar, dari Teknik hingga Nutrisi

Kompas.com - 20/02/2020, 12:40 WIB
Suasana latihan perdana timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jumat 14 Februari 2020. KOMPAS.com/M. HAFIDZ IMADUDDIN Suasana latihan perdana timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jumat 14 Februari 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemusatan latihan tim nasional Indonesia sudah berlangsung hampir sepekan terakhir.

Dipimpin langsung pelatih baru asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, banyak hal baru yang terungkap dari para pemain timnas.

Salah satunya adalah teknik mengumpan bola atau passing.

Shin, pelatih yang memimpin timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018, dikenal keras punya kedisiplinan tinggi.

Demi menggenjot kualitas para pemainnya, ia tak segan untuk melontarkan sindiran pedas.

Contohnya, saat Shin mengkritik cara pengumpan para pemainnya yang dinilainya sangat tidak mencerminkan kualitas pemain nasional.

Baca juga: Testimoni Pemain Timnas Indonesia Selama Dilatih Shin Tae-yong

”Kalian ini mengoper (bola) saja tidak bisa. Anak sekolah dasar saja bisa passing seperti ini. Kalian ini, kan, pemain timnas. Apa tidak malu dengan predikat ini?” teriak Shin melalui penerjemahnya, Jeong Seok-seo, saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Kualitas operan para pemain timnas Indonesia, khususnya pada sentuhan satu-dua, terlihat memang masih jauh dari sempurna.

Bola sering kali tidak meluncur tepat ke kaki para pemain, bahkan terkadang mengarah liar tidak tentu arah. Semua itu diamati saksama oleh Shin.

Suasana hari pertama pemusatan latihan timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jakarta, Jumat 14 Februari 2020.KOMPAS.com/ M. Hafidz Imaduddin Suasana hari pertama pemusatan latihan timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jakarta, Jumat 14 Februari 2020.

Dalam latihan tersebut, Shin menginstruksikan pemain mengawali program dengan melakukan sentuhan kombinasi satu-dua.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X