Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spaso Ungkap Fokus Shin Tae-yong dalam Pemusatan Latihan Timnas

Kompas.com - 17/02/2020, 05:00 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

Sumber PSSI

KOMPAS.com - Persoalan fisik masih menjadi fokus utama pelatih kepala timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada pemusatan latihan yang digelar di Stadion Madya, Minggu (16/2/2020) siang WIB.

Hal tersebut disampaikan oleh penyerang naturalisasi asal Montenegro, Ilija Spasojevic.

Spaso mengatakan bahwa dia bersama rekan-rekan timnas Indonesia banyak melakukan latihan fisik selama dua hari pemusatan latihan.

"Tentu saja banyak latihan fisik, tetapi itu normal karena kami juga masih berada di awal musim,” ucap Spaso, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Disiplin dan kerja keras menjadi yang utama. Kami banyak melakukan latihan fisik selama dua hari pemusatan latihan karena menurut pelatih masalah sepak bola Indonesia adalah fisik. Dia tidak ingin pemain cuma berlaga selama 60 menit,” tutur dia menambahkan.

Baca juga: Pemain Timnas Indonesia Nilai Shin Tae-yong Pelatih Disiplin

Persoalan fisik memang sudah menjadi fokus Shin Tae-yong sejak menjabat sebagai pelatih timnas Garuda.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, pesepak bola Tanah Air cenderung lemas ketika memasuki akhir babak.

"Saya sudah berbicara dengan Indra Sjafri (pelatih U22). Fisik pemain Indonesia masih bermasalah. Nanti saya dan Indra akan mencari solusinya," kata Shin pada 28 Desember 2019, tanggal dia diresmikan sebagai pelatih timnas.

"Saya juga akan membawa pelatih fisik dari Korea Selatan yang punya pengalaman di Piala Dunia. Fisik di sepak bola sangat penting karena dengan fisik bagus pemain bisa tampil baik," tegasnya.

Baca juga: 50 Hari Shin Tae-yong, Keseriusan Benahi Fisik

Sebelumnya, langkah konkret tim kepelatihan era Shin Tae-yong untuk membenahi fisik pesepak bola Indonesia telah terlihat pada proses pemusatan latihan timnas U19 di Thailand.

Ernando Ari Sutaryadi dkk dicekoki menu latihan tiga kali sehari baik dalam sesi indoor maupun di lapangan.

"Fisik menjadi masalah terbesar. Kemampuan mereka memang lebih bagus dari perkiraan saya, tetapi kondisi fisik mereka lebih buruk dari prediksi," kata Shin pasca-seleksi timnas U19.

Seusai menggembleng fisik timnas U19, Shin tetap mengusung misi yang sama kala memimpin pemusatan latihan timnas senior yang dimulai sejak 14 Februari 2020.

Baca juga: Shin Tae-yong Bicara Regenerasi Timnas Indonesia pada TC Hari Pertama

Dari 34 nama yang dipanggil, Shin juga menyertakan empat pemain timnas U19 untuk menjalani pemusatan latihan bersama timnas senior.

Hal tersebut tidak terlepas dari persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

"Pemain U-19 dipanggil ke senior juga untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021 nanti. Saya yakin seiring berjalannya waktu, kemampuan mereka akan meningkat bersama timnas senior," kata Shin.

Langkah itu turut diapresiasi oleh Spaso yang menilai keberadaan pesepak bola muda di pemusatan latihan timnas senior mampu berdampak baik terhadap regenerasi timnas.

“Bagus sekali mereka ada di sini. Saya senang ada regenerasi pemain,” ujar Spaso.

Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong telah memulai pemusatan latihan alias TC di Jakarta pada Jumat (14/2/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PSSI
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com