EKSKLUSIF - Usaha Klub LaLiga untuk Menciptakan Pesepak Bola Sempurna

Kompas.com - 19/02/2020, 22:35 WIB
Asisten pelatih kebugaran Valencia menyiapkan alat kebugaran elektronik di markas latihan tim. LALIGAAsisten pelatih kebugaran Valencia menyiapkan alat kebugaran elektronik di markas latihan tim.

KOMPAS.com - Melalui kerja sama eksklusif dengan LaLiga, Kompas.com dan BolaSport.com akan menayangkan beberapa artikel yang mengulik berbagai macam hal menarik di balik layar klub-klub Liga Spanyol.

Pertama dalam serial ini adalah tentang rahasia klub-klub Spanyol dalam memaksimalkan performa pemain.

Klub-klub Spanyol telah mengadopsi metodologi mutakhir untuk meningkatkan kemampuan latihan kebugaran pemain mereka: Teknologi GPS, teknologi getar otot lokal, Big Data dan variabel detak jantung merupakan contoh kecil dari teknologi tersebut.

Baca juga: Barcelona Selangkah Lagi Mendatangkan Striker Leganes

Kita membicarakan atlet yang mampu bermain di lapangan selama 90 menit untuk 60 pertandingan dalam semusim yang idealnya tidak mengalami satu cedera pun sepanjang tahun.

Saat ini, markas latihan klub bisa disalah sangka sebagai lab sains, penuh dengan teknologi canggih, produk penelitian yang telah teruji, dan hasil eksperimen. Semuanya adalah tentang optimalisasi performa pemain dan tidak meninggalkan cela.

“Jabatan 'pelatih kebugaran' hanyalah salah satu dari banyak bidang yang menjadi peran kami”, ujar pelatih kebugaran Granada CF, Victor Lafuente.

“Pada akhirnya, kami bertanggungjawab untuk mengoptimalkan performa pemain. Orang-orang menganggap bahwa pekerjaan kami hanya memastikan pemain berlari lebih jauh, melompat lebih tinggi, dan bermain lebih lama," lanjutnya.

Baca juga: Hasil dan Klasemen Liga Spanyol, Barcelona-Real Madrid Bersaing Ketat

"Namun, lebih dari itu, kami memikirkan jauh lebih banyak hal: tidur, bantuan ergogenik, variasi hubungan interpersonal dengan pemain, dll. Peran kami tidak terbatas hanya pada merencanakan latihan kekuatan.”

Pelatih kebugaran RCD Mallorca, Dani Pastor, sedang memasang sensor dalam sesi latihan di pusat kebugaran.LALIGA Pelatih kebugaran RCD Mallorca, Dani Pastor, sedang memasang sensor dalam sesi latihan di pusat kebugaran.

Dalam permainan modern, sangat penting bagi pelatih kebugaran untuk mengadaptasikan metodenya terhadap keinginan gaya bermain sebuah tim.

Faktanya, kedua hal tersebut tak dapat dipisahkan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X