Perbandingan Commitment Fee Formula E, F1, dan MotoGP

Kompas.com - 19/02/2020, 19:00 WIB
BTS didaulat sebagai ambassador global untuk kejuaraan balap Formule E yang digelar di Korea pada tahun depan. Instagram/ @fiaformulaeBTS didaulat sebagai ambassador global untuk kejuaraan balap Formule E yang digelar di Korea pada tahun depan.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah seri Formula E pada tahun 2020.

Seri Formula E Indonesia dijadwalkan dihelat di Jakarta, 6 Juni mendatang.

Seperti ajang olahraga lainnya, ada biaya penyelenggaraan atau commitment fee yang harus dibayarkan untuk bisa menjadi tuan rumah Formula E.

Untuk bisa menggelar satu seri Formula E setiap musimnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku inisiator acara wajib menyetor dana mencapai 20 juta poundsterling (21 juta dollar AS) atau setara sekitar Rp 295 miliar.

Jumlah tersebut belum termasuk biaya pembangunan sirkuit dan pengeluaran-pengeluaran lainnya.

Jakarta direncanakan tak cuma akan jadi tuan rumah seri Formula E selama semusim, tetapi lima musim.

Baca juga: Seberapa Populer Formula E dibanding F1 dan MotoGP, Inilah Hasilnya

Formula E merupakan ajang balap yang baru seumur jagung.

Ajang balap mobil tersebut mulai dihelat pada 2014, seiring dengan mulai masifnya pengembangan mobil listrik yang dilakukan pabrikan otomotif dunia.

Formula 1 MonacoFoto: formula1.com Formula 1 Monaco

Dalam hal dana penyelenggaraan, commitment fee Formula E lebih kecil dari Formula 1, ajang balap mobil lainnya yang sudah jauh lebih eksis selama puluhan tahun.

Dikutip dari Reuters, tak ada angka pasti untuk commercial fee F1.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X