Cara Shin Tae-yong Pilih 34 Pemain Timnas Indonesia

Kompas.com - 17/02/2020, 06:15 WIB
Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae Yong dan penerjemahnya Yoo Jae Hoon menyaksikan pertandingan babak penyisihan grup A Piala Gubernur Jatim 2020 Bhayangkara FC melawan Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur, Rabu (12/02/2020) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae Yong dan penerjemahnya Yoo Jae Hoon menyaksikan pertandingan babak penyisihan grup A Piala Gubernur Jatim 2020 Bhayangkara FC melawan Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur, Rabu (12/02/2020) sore.

KOMPAS.com - Pelatih sekaligus manajer timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki cara tersendiri dalam memilih 34 pemain untuk skuad senior.

Shin Tae-yong mengatakan pemilihan tersebut berdasarkan pengamatan dari video rekaman, pengamatan secara langsung, dan diskusi dengan asistennya.

"Pemain-pemain yang dipanggil ini merupakan hasil pengamatan rekaman empat laga Kualifikasi Piala Dunia 2022," kata Shin dikutip dari video akun YouTube resmi PSSI.

Termasuk di dalamnya saat Shin Tae-yong menonton langsung pertandingan timnas Indonesia melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil bulan November 2019 lalu.

Baca juga: Alasan Indra Sjafri Tak Dampingi Shin Tae-yong di Latihan Perdana Timnas Indonesia

"Selain itu, kami juga melihat pertandingan SEA Games, kami juga berdiskusi dengan staf pelatih Indonesia," kata dia.

Beberapa hari menjelang pemusatan latihan, Shin turut hadir dalam pertandingan Bali United di Piala AFC dan laga di ajang Piala Gubernur Jatim 2020.

"Ada juga beberapa pemain yang dipilih setelah saya datang dan melihat permainan di Bali, Madura, dan Surabaya," kata dia.

Namun, dari 34 nama tersebut, muncul banyak nama baru yang dipanggil ke timnas Indonesia senior.

Baca juga: Pemain Timnas Indonesia Nilai Shin Tae-yong Pelatih Disiplin

Termasuk di dalamnya empat pemain muda dengan usia belasan tahun masuk dalam kriteria pelatih asal Korea Selatan.

Mereka adalah Alfeandra Dewangga Santosa, Pratama Arhan Alif, Muhammad Adi Satrio, dan Irfan Jauhari.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber PSSI
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X