Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya Vs Arema, Aji Sayangkan Ada Oknum yang Perkeruh Suasana

Kompas.com - 16/02/2020, 23:15 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Jelang pertandingan antara Persebaya Surabaya dan Arema FC, beredar sebuah kutipan negatif yang mencatut nama pelatih Aji Santoso dan beredar luas di jagat maya.

Kutipan tersebut menimbulkan kemarahan publik karena berisi kalimat yang melecehkan penyelenggara Piala Gubernur Jatim 2020 dan juga nama Kota Malang.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, sendiri sudah memberikan klarifikasi dan menegaskan bahwa kutipan tersebut bukanlah darinya.

Dalam klarifikasinya, Aji turut menyayangkan adanya oknum yang menggunakan namanya untuk menebar kebencian di dunia maya.

Baca juga: Lawan Persebaya Tidak Jadi di Kanjuruhan, Bagaimana Sikap Arema FC?

"Sepertinya menjelang laga bigmatch ini ada oknum yang memanfaatkan situasi ini untuk membuat suasana semakin panas dan tidak bagus," kata Aji, Minggu (16/2/2020).

Aji sendiri sudah akrab dengan yang namanya rivalitas. Terlebih pelatih asal Malang tersebut sudah makan asam garam baik di Arema maupun Persebaya.

Akan tetap, Aji menegaskan bahwa dia adalah orang yang menjunjung tinggi sportivitas.

Baginya, rivalitas adalah hal yang wajar, tetapi tetap dalam koridor yang terukur dan tidak berlebihan.

"Saya ketika dulu mulai dari pemain sampai pelatih, yang namanya rivalitas bagi seorang atlet dan pelatih itu hanya 90 menit," ujar Aji.

"Saya di mana pun melatih yang namanya rivalitas hanya 90 menit, setelah 90 menit, ya sudah kita berjalan dengan normal. Karena hidup di dunia ini bagi saya satu lawan sudah terlalu banyak buat saya," tuturnya.

Baca juga: Alasan Asprov PSSI Jatim Memindahkan Laga Arema FC vs Persebaya

"Saya tidak akan pernah berkomentar yang menyinggung perasaan masyarakat Malang dan juga masyarakat kota-kota lain. Saya punya etika dan adab, tidak mungkin saya berkomentar seperti itu," ucapnya.

Aji mengaku pertama kali tahu kasus ini dari sang istri karena selama ini dia tidak memiliki akun sosmed.

Namun, ketika ingin menelusuri orang di balik kutipan tersebut, Aji kehilangan jejak lantaran pelaku sudah menghapus akunnya terlebih dahulu.

Akan tetapi, kutipan yang diunggah pelaku sudah terlanjur menyebar dan membuat Aji merasa dirugikan.

Sementara itu, soal pertandingan antara Arema FC dan Persebaya resmi dijadwalkan ulang. Jadwal terbaru menyebut laga bertajut Derbi Jatim tersebut akan diselenggarakan di Stadion Soeprijadi Blitar pada Selasa (18/2/2020) pukul 15.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com