Homologasi Sirkuit Formula E Jakarta Tinggal Tunggu Persetujuan FIA

Kompas.com - 14/02/2020, 21:59 WIB
Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa (kiri), Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto (tengah), dan perwakilam FEO (Formula E Operation) Nuno Fernandez (kanan) dalam acara Media Briefing Pelaksanaan Formula E Jakarta 2020 di Novotel Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020). KOMPAS.com/FARAHDILLA PUSPA Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa (kiri), Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto (tengah), dan perwakilam FEO (Formula E Operation) Nuno Fernandez (kanan) dalam acara Media Briefing Pelaksanaan Formula E Jakarta 2020 di Novotel Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020).

KOMPAS.com - Sirkuit Formula E Jakarta 2020 tinggal menunggu persetujuan dari FIA untuk diterbitkan dan dinyatakan layak untuk menggelar balapan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sadikin Aksa, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang merupakan member Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Sadikin Aksa, dalam acara Media Briefing Pelaksanaan Formule E Jakarta, mengatakan sirkuit Monas ini akan mendapatkan homologasi level 3 dari FIA.

Menurut dia, syarat mendapatkan homologasi atau sertifikasi kelayakan bukan hanya dinilai dari unsur track, tetapi juga dari unsur keamanan dan kenyamanan.

Baca juga: Sirkuit Formula E Jakarta Akhirnya Tetap di Monas

"Sirkuit Monas ini ke depannya akan mendapatkan homologasi grade 3 dari FIA," kata Sadikin Aksa kepada media di Novotel Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020).

Sadikin menjelaskan, sejauh ini proses homologasi sudah dilakukan dan tinggal menunggu persetujuan FIA untuk diterbitkan.

Dia juga menambahkan syarat-syarat yang diperlukan untuk mendapatkan homologasi level 3 bagi sirkuit Monas tidak terlalu ketat seperti halnya homologasi level 1 dan 2.

Nantinya, setelah pembangunan sirkuit selesai, 10 hari sebelum balapan dimulai, surveyor akan datang untuk melakukan survei ulang.

Sadikin juga menyebut Sirkuit Monas bakal menjadi satu-satunya sirkuit yang memiliki homologasi level 3 dari FIA di Indonesia.

"Homologasi itu prosesnya panjang. Kami sudah submit gambar sirkuit ke FIA pada awal tahun. Dua minggu setelahnya, tim survei datang mencocokkan gambar dengan kondisi di lapangan," ucapnya.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X