Sirkuit Formula E Jakarta Akhirnya Tetap di Monas

Kompas.com - 10/02/2020, 10:58 WIB
Acara pengumuman resmi Jakarta sebagai salah satu tuan rumah seri balap Formula E pada 2020, di kawasan Monas, Jumat (20/9/2019). Kompas.com/Alsadad RudiAcara pengumuman resmi Jakarta sebagai salah satu tuan rumah seri balap Formula E pada 2020, di kawasan Monas, Jumat (20/9/2019).
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka menyetujui lokasi penyelenggaraan Formula E Jakarta tetap di kawasan Jalan Medan Merdeka, termasuk Monas.

Keputusan itu ditetapkan lewat surat tertanggal 7 Februari yang ditandatangani langsung oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikono selaku Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

Surat tersebut ditujukan langsung kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa Komisi Pengarah menyetujui penyelenggaraan balap Formula E tetap di kawasan Medan Merdeka.

Baca juga: Lokasi Alternatif Balap Formula E Jakarta jika Tak Jadi di Monas

Namun, Komisi Pengarah menekankan pada empat hal, meliputi:

1. Dalam merencanakan konstruksi lintasan, tribune penonton, dan fasilitas lainnya harus dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, antara lain Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

2. Menjaga keasrian, kelestarian vegetasi pepohonan, dan kebersihan di kawasan Medan Merdeka.

3. Menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kawasan Medan Merdeka.

4. Melibatkan instansi terkait guna menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan, dan kerusakan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama membenarkan surat tersebut.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X