Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Formula E Jakarta Akhirnya Tetap di Monas

Kompas.com - 10/02/2020, 10:58 WIB
Alsadad Rudi,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka menyetujui lokasi penyelenggaraan Formula E Jakarta tetap di kawasan Jalan Medan Merdeka, termasuk Monas.

Keputusan itu ditetapkan lewat surat tertanggal 7 Februari yang ditandatangani langsung oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikono selaku Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

Surat tersebut ditujukan langsung kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa Komisi Pengarah menyetujui penyelenggaraan balap Formula E tetap di kawasan Medan Merdeka.

Baca juga: Lokasi Alternatif Balap Formula E Jakarta jika Tak Jadi di Monas

Namun, Komisi Pengarah menekankan pada empat hal, meliputi:

1. Dalam merencanakan konstruksi lintasan, tribune penonton, dan fasilitas lainnya harus dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, antara lain Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

2. Menjaga keasrian, kelestarian vegetasi pepohonan, dan kebersihan di kawasan Medan Merdeka.

3. Menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kawasan Medan Merdeka.

4. Melibatkan instansi terkait guna menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan, dan kerusakan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama membenarkan surat tersebut.

"Informasi tentang surat Komisi Pengarah tanggal 7 Februari tersebut betul," kata Setya saat dihubungi, Senin (10/2/2020).

Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

Rencana pemakaian kawasan Medan Merdeka, mencakup Monas, sebagai arena balap diumumkan saat kedatangan promotor Formula E ke Jakarta pada 20 September 2019 silam.

Namun, beberapa waktu lalu, Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka sempat melarang penggunaan kawasan Monas untuk pergelaran Formula E. Sebab, Monas dianggap sebagai kawasan cagar budaya.

Pada awalnya, Pemprov DKI menyiapkan lintasan sepanjang 2,6 kilometer di kawasan Medan Merdekat, mencakup Monas.

Rute yang dipakai melintasi Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Silang Merdeka Tenggara, masuk ke dalam kawasan Monas, memutari Jalan Titian Indah di dalam Monas, menuju Jalan Silang Merdeka Barat Daya, dan berakhir kembali di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Baca juga: Lapangan Monas dari Konblok, Memang Bisa untuk Balap Formula E?

Setelah adanya larangan dari Komisi Pengarah, Pemprov DKI menyatakan akan berupaya mencari rute baru. Salah satunya adalah dengan opsi memindahkannya ke kawasan GBK.

Namun, pada akhirnya Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka tetap penyetujui penyelenggaraan balapan di Monas.

Seri Formula E Jakarta dijadwalkan dihelat pada 6 Juni 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com