Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemain Muda Persija Peraih Perunggu SEA Games Antusias Berlatih di Alaves


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain Persija Jakarta U18, Muhammad Uchida Sudirman, menjadi salah satu pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan di Deportivo Alaves.

Selain Uchida, ada dua nama lainnya, yakni Resa Aditya (Persija U16) dan Braif Fatari (Persija U20), yang dijadwalkan ikut bertolak ke Spanyol.

Akan tetapi, Braif batal pergi ke Spanyol lantaran sedang mengikuti pemusatan latihan bersama timnas U19 di Thailand.

Uchida dan Resa direncanakan mulai menjalani pemusatan latihan di Spanyol pada 24 Januari 2020 hingga 10 Maret 2020.

Menjadi salah satu yang dipilih untuk berguru langsung ke Alaves, Uchida mengaku kesempatan ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan.

"Bagai mimpi menjadi kenyataan bisa berlatih dengan klub asal Spanyol. Alhamdulillah Persija dan orang tua juga terus mendukung. Jadi, saya siap curi ilmu yang banyak dari mereka," kata Uchida dalam konferensi pers di Kantor Persija, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).

"Persiapan saya setelah libur kompetisi yaitu jaga kondisi fisik. Setelah libur kompetisi saya ikut berlatih dengan teman-teman saya di SSB lama," katanya.

Pada kesempatan yang sama, mantan pemain Persija U16 itu juga bercerita mengenai kesibukannya di cabang olahraga muaythai.

Untuk diketahui, Uchida adalah peraih medali perunggu cabor muaythai pada multievent SEA Games 2019 lalu.

Saat ditanya soal membagi fokusnya antara sepak bola dan muaythai, Uchida mengaku menjalankan semuanya secara bergantian.

Akan tetapi, pesepak bola kelahiran 2003 itu mengaku lebih menginginkan berkarier sebagai seorang pesepak bola.

"Saya condong ke sepak bola. Muaythai masih tetap saya persiapkan karena insya Allah saya akan mewakili DKI Jakarta pada tahun ini," kata Uchida.

"Selang-seling saja soalnya muaythai juga enggak cuma mukul-mukul doang. Pasti ada latihan gym-nya juga dan itu ada kaitannya sama sepak bola," lanjutnya menambahkan.

Keinginannya untuk menjadi pesepak bola bukan tanpa alasan.

Menurutnya, dia sudah mengenal sepak bola sejak kecil dan memiliki seseorang yang menjadi inspirasinya sampai saat ini.

"Kalau boleh memilih, aku lebih pilih sepak bola karena dari kecil sudah kenal sepak bola dan almarhum paman yang menginspirasi saya," katanya.

"Kalau tidak salah dia dulu pernah main di PSM Makasar. Sebelum dia meninggal udah kasih banyak ke saya, pengalamannya, baju-bajunya, semua dia ceritakan, tetapi seminggu setelahnya paman meninggal," kata pesepak bola yang mengidolakan Bambang Pamungkas itu.

Menurut dia, ada hal-hal dari olahraga muaythai yang bisa dia terapkan saat bermain sepak bola khususnya kekuatan dan kepercayaan diri.

"Kepercayaan diri, tetapi enggak boleh overconfident, strength karena sebagai atlet muaythai kan harus punya strength yang bagus. Kemudian, komunikasi dan fisik, itu aja," kata Uchida.

https://www.kompas.com/sport/read/2020/01/22/212000967/pemain-muda-persija-peraih-perunggu-sea-games-antusias-berlatih-di-alaves

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke