Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekapitulasi: Pengertian dan Contoh

Kompas.com - 22/03/2024, 16:30 WIB
Eliza Naviana Damayanti,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rekapitulasi adalah proses menyusun, mengumpulkan, dan merangkum data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber atau bagian menjadi satu rangkuman yang lebih sederhana atau komprehensif. 

Tujuan dari rekapitulasi adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan mudah dimengerti tentang data yang ada, sering kali untuk memudahkan analisis atau pengambilan keputusan.

Contoh-contoh rekapitulasi meliputi:

Penghitungan suara dari berbagai tempat pemungutan suara yang kemudian disusun menjadi rangkuman nasional atau regional.

Adapun aturan yang berlaku mengenai rekapitulasi hasil pemilu, biasanya ada prosedur yang ditetapkan oleh lembaga pemilihan untuk melakukan rekapitulasi suara dengan transparan dan akurat.

Baca juga: 5 Jenis Laporan Keuangan dan Fungsinya

Menyusun informasi keuangan dari berbagai bagian perusahaan menjadi satu laporan keuangan yang komprehensif, seperti neraca, laporan laba rugi, dan arus kas. 

Di bidang keuangan, aturan akuntansi standar mengatur bagaimana menyusun laporan keuangan dengan tepat dan jelas.

Penting untuk memahami dan mengikuti aturan yang berlaku dalam konteks tertentu untuk memastikan bahwa proses rekapitulasi dilakukan dengan benar dan dapat dipercaya.

Mengumpulkan data dari berbagai sumber penelitian atau kuesioner, kemudian menyusunnya menjadi tabel atau grafik yang ringkas untuk memudahkan analisis.

Menggabungkan laporan atau temuan dari berbagai tahap atau bagian proyek menjadi satu laporan keseluruhan.

Baca juga: Pengertian Pemilu, Tujuan, Asas, dan Prinsip

 

Referensi:

  • Dana Permana, M. A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Rekapitulasi Penghitungan Suara pada Pemilu Tahun 2019. Perspektif.
  • Prof. Dr. Teguh Prasetyo, S. M. (2021). Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara dalam Pemilu. Bandung: Nusamedia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com