Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Faktor yang Memengaruhi Iklim Organisasi

Kompas.com - 10/08/2023, 13:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Iklim organisasi merupakan konsep sistem yang mencerminkan keseluruhan gaya hidup suatu organisasi.

Dikutip dari buku Komunikasi Organisasi (2020) oleh Irene Silviani dan kawan-kawan, Davis dan Newstrom mengatakan pengertian iklim organisasi adalah lingkungan tempat para karyawan di suatu organisasi melakukan pekerjaan.

Oleh sebab itu, perusahaan harus memperhatikan beberapa faktor terkait iklim organisasi.

Dilansir dari buku Human Relation at Work (1962) karya Keith Davis, terdapat empat faktor yang memengaruhi iklim organisasi, sebagai berikut:

Baca juga: Manfaat Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia

Hubungan yang saling menguntungkan

Kunci dari konsep hubungan antarmanusia adalah adanya hubungan yang saling menguntungkan antarsesama manusia, baik itu antara pimpinan dan karyawan, maupun hubungan yang baik antar sesama karyawan.

Karyawan merasa apabila mereka memiliki hubungan yang baik dengan organisasi, maka mereka akan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka.

Perbedaan antarindividu

Pihak manajemen akan menghasilkan kepuasan kerja pada karyawan jika mereka dapat memperlakukan karyawannya sesuai kebutuhannya, karena pada dasarnya setiap manusia memiliki karakteristik masing-masing yang unik.

Motivasi

Semua perilaku manusia disebabkan oleh sesuatu hal. Suatu hal tersebut akan mengarahkan individu dalam berperilaku untuk menghasilkan kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan mereka.

Oleh karena itu, dengan adanya kepuasan kerja, maka baik karyawan maupun pimpinan akan terpenuhi kebutuhannya masing-masing.

Martabat manusia

Martabat manusia merupakan etis dasar dalam menjalin hubungan antar manusia. Martabat manusia yang dirasakan oleh karyawan tidak sepenuhnya diberikan oleh pihak manajemen, tetapi dihasilkan juga dari perasaan dalam diri karyawan terhadap lingkungan organisasi yang sesuai.

Baca juga: Manajemen Sumber Daya Manusia: Tujuan dan Fungsinya

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com