Kompas.com - 13/11/2020, 13:00 WIB
Ilustrasi sumber daya manusia FREEPIK/MACROVECTORIlustrasi sumber daya manusia

KOMPAS.comManajemen merupakan salah satu ilmu yang bisa diterapkan dalam berbagai bidang. Misalnya, penerapan ilmu manajemen dalam bidang sumber daya manusia (SDM) atau disebut sebagai manajemen sumber daya manusia.

Dilansir dari buku Pengantar Manajemen (2012) karya Dian Wijayanto, manajemen sumber daya manusia merupakan fungsi manajemen yang berhubungan dengan pengelolaan rekrutmen, penempatan, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia.

Keberadaan manajemen sumber daya manusia dalam sebuah organisasi memiliki peranan yang cukup penting. Sebab seorang pemimpin tidak bisa menjalankan kegiatan organisasi secara mandiri. Pemimpin memerlukan bantuan dari orang lain, salah satunya adalah pegawai.

Oleh sebab itu, pemberdayaan sumber daya manusia melalui manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu kunci dalam menjalankan kegiatan organisasi agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Baca juga: Manajemen: Teori, Manfaat, dan Tingkatannya

Tujuan manajemen sumber daya manusia

Manajemen sumber daya manusia memiliki beberapa tujuan, di antaranya:

  • Memberi pertimbangan manajemen dalam hal pembuatan kebijakan sumber daya manusia untuk memastikan bahwa organisasi memiliki pekerja yang bermotivasi dan berkinerja tinggi.
  • Membantu dalam hal pengembangan strategi organisasi, khususnya berhubungan dengan implikasi sumber daya manusia.
  • Menangani berbagai masalah dan situasi sulit dalam hubungan antar pekerja.
  • Menyediakan sarana komunikasi antara pekerja dan manajemen organisasi.
  • Berperan sebagai pemelihara nilai standar organisasional dalam manajemen sumber daya manusia.

Fungsi manajemen sumber daya manusia

Dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia (2009) karya Edy Sutrisno, dijelaskan bahwa manajemen sumber daya manusia memiliki beberapa fungsi, yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Perencanaan

Perencanaan merupakan kegiatan memperkirakan tentang keadaan tenaga kerja agar sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Baca juga: Tujuan Manajemen

  • Pengorganisasian

Pengorganisasian merupakan kegiatan untuk mengatur pegawai dalam bentuk bagan organisasi. Bentuk pengorganisasian yaitu menetapkan pembagian kerja, hubungan kerja, delegasi wewenang, integrasi, dan koordinasi.

  • Pengarahan dan pengadaan

Pengarahan merupakan kegiatan memberi petunjuk kepada pegawai agar mau kerja sama dan bekerja secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan organisasi.

Sedangkan pengadaan merupakan proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi dan induksi untuk memperoleh pegawai yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.