Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Struktur Akar dari Luar ke Dalam

Kompas.com - 22/07/2023, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comAkar adalah organ tumbuhan yang bertugas menyerap air juga zat hara dari dalam tanah. Urutan struktur akar dari luar ke dalam adalah epidermis, korteks, endodermis, dan silinder vaskular.

Epidermis

Epidermis adalah lapisan terluar dari akar. Epidermis akar biasanya terdiri dari satu lapis sel berdinding tipis yang mengelilingi area jaringan dasar juga jaringan pembuluh akar.

Jaringan epidermis memproduksi rambut akar.

Dilansir dari Biology LibreTexts, rambut akar adalah perpanjangan sel epidermis akar yang meningkatkan luas permukaan akar dan berfungsi terhadap penyerapan air juga mineral dari dalam tanah.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Akar pada Tumbuhan

Korteks

Struktur akar selanjutnya adalah korteks. Korteks adalah jaringan dasar yang berada di antara epidermis dan endodermis. Jaringan korteks terdiri dari beberapa lapis sel tenal.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, korteks berfungsi mengalirkan air dan mineral terlarut melintasi akar dari epidermis ke silinder vaskular untuk kemudian diangkut ke seluruh bagian tanaman.

Korteks juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan.

Baca juga: Jenis Akar Tumbuhan Berdasarkan Bentuknya

Endodermis

Setelah melewati korteks, ada struktur akar yang disebut sebagai endodermis.

Dilansir dari Biology Online, endodermis adalah silinder yang dibentuk oleh satu lapisan sel yang tertutup rapat.

Sel-sel penyusun endodermis mengandung zat lilin bernama suberin yang tanah air. siberin membentuk suatu jalur yang disebut sebagai strip Caspian.

Baca juga: Jaringan Gabus Tumbuhan: Pengertian dan Fungsinya

Silinder vaskular

Struktur paling dalam akar disebut sebagai silinder vaskular atau disebut juga sebagai inti akar.

Silinder vaskular adalah struktur berbentuk tabung yang mengandung jaringan pembuluh xilem juga floem dan berada di bagian tengah akar.

Silinder vaskular dan endodermis dibatasi oleh jaringan yang disebut sebagai pericycle. Pericycle adalahh jaringan setebal satu sel yang memproduksi akar lateral.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com