Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Xilem dan Floem

Kompas.com - 26/11/2020, 17:40 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xilem dan floem adalah jaringan pembuluh pada tumbuhan. Keduanya mirip, tapi punya fungsi berbeda. Simak perbedaan antara xilem dan floem!

Pengertian

Xilem berasal dari bahasa Yunani “xylon” yang memiliki arti kayu, dinamakan kayu karena xilem terdapat di dalam silinder batang kayu.

Sedangkan floem berasal dari bahasa Yunani “phloios” yang memiliki kulit kayu, hal ini dikarenakan jaringan floem merupakan salah satu pembentuk kulit kayu.

Fungsi

Xilem adalah jaringan pembuluh yang berfungsi mengangkut air dan nutrisi yang diserap akar ke seluruh bagian tumbuhan.

Baca juga: Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan

Sedangkan floem, pada tumbuhan berpembuluh fungsinya mengangkut zat organik hasil fotosintesis (makanan) seperti gula dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

Lokasi

Xilem berada di dalam tumbuhan yaitu tepat di bagian tengah vaskular pada akar, batang, dan daun.

Sedangkan floem berada disisi luar vaskular pada akar, batang, daun, buah, dan biji.

Sel Penyusunnya

Jaringan xilem terdiri atas pembuluh xilem, serat yang panjang dan kuat, serta trakeid. Jaringan xilem tersusun atas sel-sel mati dengan dinding sel yang tebal, jaringan parenkim adalah satu-satunya sel hidup yang berada pada xilem.

Ilustrasi Tumbuhan Berbijishutterstock.com Ilustrasi Tumbuhan Berbiji

Adapun floem terdiri atas serat, sel pendamping, tabung saringan, dan parenkim floem. Jaringan xilem terdiri dari sel berdinding tipis dan kebanyakan adalah sel hidup kecuali serat floem.

Tabung saringan xilem terbentuk dari sel-sel berlubang yang menjadi tempat zat organik saat diangkut.

Arah Pengangkutan

Xilem adalah proses pengangkutan satu arah, di mana air dan nutrisi akan selalu diantarkan dari bawah ke atas yaitu dari akar ke bagian tumbuhan yang lebih tinggi secara terus-menerus. Kelebihan air yang diangkut oleh xilem tidak kembali ke akar, melainkan diuapkan ke udara oleh stomata.

Baca juga: Gametogenesis pada Tumbuhan Biji Terbuka (Angiospermae)

Floem adalah proses pengangkutan dua arah, di mana makanan hasil fotosintesis dapat diangkut ke mana saja. Floem dapat mengangkut makanan secara leluasa di seluruh tubuh tumbuhan ke atas atau ke bawah, dan dari satu bagian ke bagian lainnya.

Kuantitas

Xilem sangat banyak terdapat pada tumbuhan dibandingkan jaringan floem yang jauh lebih sedikit.

Dapat dikatakan bahwa jaringan xilem adalah sebagian besar jaringan yang menyusun tubuh tumbuhan terutama bagian kayu yang keras dan kokoh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com