Kompas.com - 26/11/2020, 14:30 WIB
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Praveen Jordan and Melati Daeva Oktavianti beraksi saat laga final ganda campuran All England melawan pebulu tangkis Thailand Dechapol Puavaranukroh dan Sapsiree Taerattanachai di Arena Birmingham, Inggris, Minggu (15/3/2020). Praveen/Melati berhasil menjadi juara All England setelah memenangi pertandingan dengan skor 21-15, 17-21, dan 21-8. ANTARA FOTO/ACTION IMAGES via REUTERS/ANDREW BOYERSPebulu tangkis ganda campuran Indonesia Praveen Jordan and Melati Daeva Oktavianti beraksi saat laga final ganda campuran All England melawan pebulu tangkis Thailand Dechapol Puavaranukroh dan Sapsiree Taerattanachai di Arena Birmingham, Inggris, Minggu (15/3/2020). Praveen/Melati berhasil menjadi juara All England setelah memenangi pertandingan dengan skor 21-15, 17-21, dan 21-8.

KOMPAS.com - Permainan bulu tangkis sering dikompetisikan, baik di Indonesia maupun di kancah internasional.

Tiap tahunnya, banyak pemain handal yang berhasil memenangkan pertandingan.

Sudah menjadi kewajiban untuk pemain bulu tangkis bisa menguasai berbagai teknik serta keterampilan dasar.

Namun, dua hal ini tidaklah cukup karena saat akan mengikuti pertandingan, para pemain harus memahami serta menuruti segala peraturan yang telah ditentukan.

Salah satu contohnya adalah posisi saat melakukan teknik servis. Selain mengerti serta mematuhi peraturannya, para pemain juga harus memahami sistem penilaian dalam pertandingan bulu tangkis.

Baca juga: Jenis Lapangan dalam Permainan Tenis

Berikut penjelasan tentang sistem penilaian dalam pertandingan bulu tangkis, yang mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud):

  • Sistem pindah bola

Saat akan memulai pertandingan pada kategori ganda, tiap tim memiliki kesempatan untuk memilih orang pertama. Hak ini bisa didapatkan di setiap set.

Dalam set berikutnya, poin set sebelumnya akan menentukan orang pertama selanjutnya.

Selain itu, setiap tim memiliki hak untuk melakukan servis sebanyak dua kali. Hak ini dimiliki oleh tiap orang dalam satu tim.

Kesempatan untuk melakukan servis sebanyak dua kali tidak berlaku pada awal set.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X