Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Self Regulated Learning (Pembelajaran Mandiri) Menurut Ahli

Kompas.com - 13/06/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Berdasarkan arti dari setiap kata, self berarti diri sendiri, regulated berarti pengelolaan, dan learning artinya belajar.

Self-regulated learning merupakan sikap pengelolaan diri dalam belajar.

Berikut pengertian self regulated learning (pembelajaran mandiri) menurut ahli, yaitu:

  • Menurut Wolters

Self regulated learning adalah suatu model pembelajaran yang memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengelola secara efektif pembelajarannya sendiri dalam berbagai cara sehingga mencapai hasil belajar yang optimal.

  • Menurut Kerlin

Self regulated learning adalah suatu usaha pembelajaran mandiri yang mendalam dan memanfaatkan sumber daya dan jaringan yang ada, memonitor dan meningkatkan proses yang mendalam.

Dengan kata lain, self regulated learning mengacu perencanaan dan memonitor proses kognitif dan afektif yang melibatkan keberhasilan menyelesaikan tugas-tugas akademik.

Baca juga: Pengertian Minat Belajar Menurut Ahli

  • Menurut Pintrich

Self regulated learning sebagai proses aktif dalam pembelajaran, mengarahkan tujuan pembelajaran, mengontrol proses pembelajaran, menumbuhkan motivasi sendiri (self- motivation) dan kepercayaan diri (self-efficacy), serta memilih atau mengatur aspek lingkungan untuk mendukung pembelajaran.

  • Menurut Zimmerman

Self regulation merupakan sebuah proses dimana seseorang peserta didik mengaktifkan dan menopang kognisi, perilaku, dan perasaannya yang secara sistematis berorientasi pada pencapaian suatu tujuan.

Ketika tujuan tersebut dalam aspek pendidikan, maka fokus perhatian adalah belajar dan mendapat nilai memuaskan.

  • Menurut Gagne dan Marzano

Self regulated learning dilandasi oleh paham konstruktivisme, di mana pembelajaran dirancang dan dikelola sedemikian rupa sehingga mampu mendorong siswa untuk mengorganisasi pengalamannya sendiri menjadi suatu pengetahuan baru yang bermakna.

Pada proses pembelajaran, siswa tidak hanya menerima begitu saja apa yang disajikan guru melainkan juga membangun hubungan-hubungan baru dari konsep dan prinsip yang telah dipelajari berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.

  • Menurut Ormrod

Self regulated learning merupakan sebuah pengaturan terhadap proses-proses kognitif agar kegiatan belajar dapat mencapai keberhasilan.

  • Menurut Winne dan Nisbett

Self regulated learning adalah pemantauan diri dari pikiran, perasaan, dan perilaku untuk mencapai tujuan.

Tujuan ini mungkin bersifat akademis (peningkatan pemahaman saat membaca, menulis menjadi lebih terorganisir, belajar bagaimana melakukan perkalian, mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan).

Atau mungkin sosial emosional (mengendalikan amarah seseorang, bergaul baik dengan rekan-rekan).

Baca juga: Faktor-faktor yang Memengaruhi Prestasi Belajar

  • Menurut Bandura

Self-regulated learning sebagai suatu keadaan di mana individu yang belajar sebagai pengendali aktivitas belajarnya sendiri, memonitor motivasi dan tujuan akademik, mengelola sumber daya manusia dan benda, serta menjadi perilaku dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksana dalam proses belajar.

  • Menurut Sunawan

Dalam pembelajaran self-regulated learning, untuk mengoptimalkan hasil belajar yang diperlukan, yaitu self-motivation, self-efficacy, dan self-evaluation selain potensi kecerdasan yang meliputi kecerdasan kognisi dan kecerdasan emosi, serta bakat.

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com