Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persilangan Monohibrid: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 13/04/2023, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Dua individu dapat disilangkan untuk mendapatkan keturunan. Persilangan antara dua individu dengan satu sifat beda disebut dengan persilangan monohibrid. Apakah yang dimaksud persilangan monohibrid? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian persilangan monohibrid

Dilansir dari Biology LibreTexts, persilangan monohibrid adalah persilangan dua induk (hibrida) untuk satu sifat (mono) yang berbeda.

Persilangan monohibriddilakukan untuk mengamati bagaimana keturunan hibrida tersebut mengekspresikan genotipe yang diturunkan orang tuanya.

Baca juga: Gen: Pengertian, Fungsi, dan Simbol-Simbolnya

Dilansir dari The Biology Notes, persilangan monohibrid dapat mengidentifikasi alel dominan untuk sifat genetik tertentu.

Dalam persilangan monohibrid, hanya satu sifat yang diamati.

Contoh persilangan monohibrid

Contoh persilangan monohibrid adalah persilangan kacang polong oleh Gregol Mendel.

Dilansir dari Biology Dictionary, Gregor Mendel menggunakan persilangan monohibrid untuk mengidentifikasi sifat dominan dan resesif pada kacang polong.

Baca juga: Persilangan Dihibrid Hukum II Mendel

Dalam hal ini, yang diamati adalah panjang batang kacang polong. Gregor Mendel menyilangkan kacang polong berbatang panjang dengan genotipe (PP) dan kacang polong berbatang pendek (kerdil) dengan genotipe (pp).

Persilangan mnohibrid tersebut menghasilkan keturunan pertama (F1) yang semua memiliki genotipe heterozigot (Pp).

Hal ini menunjukkan berlakunya hukum segresi. Hukum segresi menyatakan bahwa keturunan (gamet) memiliki probabilitas yang sama untuk mengandung salah satu alel.

Artinya, setiap induk memberikan sati alel kepada keturunannya dan membentuk genotipenya. Adapun, fenotipe atau sifat yang akan muncul dipengaruhi oleh alel yang bersifat dominan.

Baca juga: Memahami Hukum Mendel

Misalnya, keturunan pertama (F1) dari persilangan monohibrid memiliki genotipe Pp dengan alel P dan p yang didapat dari kedua induknya.

Namun, alel P lebih dominan daripada alel p. Sehingga, keturunan tersebut memiliki sifat P yang ditunjukkan, yaitu semua keturunan pertama persilangan monohibrid kacang polong tersebut memiliki batang yang panjang.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com