Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Struktur Tulang dan Sendi Pergelangan Tangan

Kompas.com - 12/04/2023, 23:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Setiap hari kita menggunakan pergelangan tangan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti membuka pintu, memasak, mencuci, dan mengangkat benda.

Seringkali kita lupa betapa pentingnya tulang pergelangan tangan dalam aktivitas kita sehari-hari, dan jika terjadi cedera atau sakit, akan sangat mengganggu aktivitas kita.

Pergelangan tangan terdiri dari susunan tulang, sendi, dan saraf yang berfungsi untuk menjaga agar tangan dapat bergerak dengan baik.

Baca juga: Bagian dan Jenis Tulang Manusia

Struktur tulang pergelangan tangan

Pergelangan tangan kita terdiri dari delapan tulang berukuran kecil yang bisa disebut dengan tulang karpal.

Baris proksimal tulang karpal berisi tulang yang berartikulasi dengan lengan bawah (radius dan ulna), dan barisan tulang karpal bagian timur berartikulasi dengan tulang panjang pada tangan (metacarpals).

Selain berukuran kecil, tulang karpal memiliki bentuk kotak, oval dan segitiga. Fungsi dari sekelompok tulang karpal ini membuat pergelangan tangan menjadi kuat dan juga lentur.

Tanpa adanya delapan tulang karpal ini, persendian pergelangan tangan tidak akan bekerja secara baik dan maksimal.

Berikut adalah delapan jenis tulang karpal yang perlu diketahui:

  • Scaphoid

Tulang scaphoid memiliki bentuk seperti perahu panjang dan terletak di bawah ibu jari. Tulang ini merupakan tulang terbesar di pergelangan tangan dan membentuk bagian samping dari terowongan karpal.

Fungsi tulang ini adalah menjaga stabilitas dan pergerakan pergelangan tangan. Namun, tulang ini rentan patah jika terjatuh atau melakukan gerakan tangan yang terlalu cepat. Jika tidak diobati, patah tulang scaphoid dapat menyebabkan masalah pada tulang lain di sekitarnya.

  • Lunate

Terletak di samping tulang skafoid dengan bentuk seperti bulan sabit kecil. Tulang lunate menjadi pusat dari tulang karpal pada barisan proksimal di susunan pergelangan tangan.

Fungsi dari tulang ini adalah membentuk permukaan distal artikular pada sendi radiocarpal dengan tulang scaphoid dan tulang triquetrum.

Baca juga: Tulang Belikat: Posisi, Fungsi, dan Masalahnya

  • Trapezium

Trapezium terletak di antara tulang scaphoid dan tulang metakarpal ibu jari dengan bentuk seperti trapesium.

Tulang ini adalah tulang karpal pada pergelangan tangan yang termasuk ke dalam barisan distal. Tulang ini memiliki fungsi untuk membentuk persendian pada pergelangan tangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com