Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Manusia Purba Membuat Peralatan dari Batu, Kayu, dan Tulang

Kompas.com - 24/12/2021, 17:56 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Manusia menggunakan berbagai peralatan untuk berburu dan mengumpulkan makanan. Coba kamu diskusikan mengapa manusia purba membuat peralatan dari bahan batu kayu dan tulang!

Manusia menggunakan peralatan untuk berburu, mengumpulkan makanan, dan keperluan sehari-hari yang terbuat dari batu, kayu, dan tulang. Manusia purba menggunakan batu, kayu, dan tulang karema merupakan bahan yang mudah ditemui.

Tidak seperti sekarang, manusia purba belum menemukan teknologi untuk membuat bahan seperti plastik dan juga logam. Sehingga, mereka cenderung menggunakan bahan alami yang sifatnya keras untuk membuat peralatan. 

Peralatan dari batu

Dilansir dari The Smithsonian's Human Origins Initiative, manusia purba mengembangkan peralatan dari bahan batu sejak 2,6 juta tahun yang lalu. Batu digunakan karena batu merupakan bahan alami yang sangat mudah ditemui.

Baca juga: Bagaimana Manusia Purba Menyikapi Fenomena Alam yang keras?

Batu dapat ditemukan di mana saja dalam berbagai jenis kekerasan dan juga tektur. Misalnya, di daerah gunung berbatu, di dalam galian tanah, dan juga di daerah sekitar sungai.

Peralatan dari kayu

Manusia purba juga membuat peralatan dari bahan kayu. Dilansir dari Scientific American, jejak peralatan kayu akasia ditemukan pada peralatan batu milik Homo Erectus yang berusia sekitar 1,5 juta tahun yang lalu.

Manusia purba menggunakan kayu karena kayu merupakan bahan yang mudah ditemukan. Tidak seperti sekarang, dataran yang dihuni manusia puba dulu didominasi oleh hutan.

Namun, penggunaan dari bahan kayu ditemukan setelah perkakas dari batu. Para ilmuan memperkirakan, hal tersebut karena manusia purba menggunakan perkakas batu untuk memotong dan membentuk perkakas kayu.

Namun, hal tersebut belum dapat dipastikan karena peralatan kayu lebih mudah membusuk daripada peralatan berbahan batu.

Dilansir dari Science Daily, kayu terdegradasi sangat cepat sehingga peralatan purba hanya ditemukan di lingkungan khusus seperti sedimen yang tergenang air di Aranbaltza, Spanyol.

Baca juga: Zaman Batu: Pembagian Zaman dan Hasil Kebudayaan

Peralatan dari tulang

Manusia juga menggunakan tulang sebagai bahan pembuatan peralatan. Tulang digunakan karena mudah mengingat manusia purba memakan hewan. Tulang didapatkan dari hewan yang disembelih manusia untuk dimakan dagingnya dan digunakan kulitnya.

Diperkirakan, manusia mulai menggunakan tulang sebagai peralatan sekitar 1,5 juta tahun yang lalu. Dilaporkan dari Smithsonian Magazine , para peneliti menemukan bahwa para hominid awal (mungkin orang Neanderthal) mampu mengembangkan berbagai jenis alat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Tidak hanya digunakan sebagai benda tajam, tulang juga digunakan untuk peralatan rumah tangga dan membuat alat untuk menghaluskan kulit binatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com