Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Feature dan Sifatnya

Kompas.com - 24/12/2021, 10:15 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Ciri-ciri feature adalah lengkap, tidak cepat basi, nonfiksi, serta mengandung unsur human interest. Beberapa sifat feature, antara lain faktual, tidak memaksakan opini, menerangkan masalah, bersifat timeless, dan lingkup persoalannya sempit.

Feature merupakan karya jurnalistik yang menekankan unsur human interest. Gaya bahasa yang digunakan feature sifatnya ringan, menghibur, informatif, serta mampu membangkitkan emosi pembacanya.

Menurut Khoirul Muslimin dalam buku Jurnalistik Dasar: Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial (2021), feature adalah cerita atau karangan khas yang didasarkan pada fakta dan data yang diperoleh melalui proses jurnalistik.

Ciri-ciri feature

Dikutip dari buku Bahasa Jurnalistik: Aplikasinya dalam Penulisan Karya Jurnalistik di Media Cetak, Televisi, dan Media Online (2020) karya Husen Mony, berikut ciri-ciri feature:

Lengkap

Feature dibuat dengan memadukan fakta sebuah peristiwa dengan jalan pikiran penulis, seperti uraian dan kesimpulan.

Tidak cepat basi

Ciri feature ini berarti karya jurnalistik feature bisa mengangkat atau membahas isu yang telah lewat, dan mengubahnya menjadi aktual kembali.

Baca juga: Feature: Pengertian dan 4 Poin Kekhasannya

Nonfiksi

Feature bersifat nonfiksi. Karena pembuatannya melewati proses jurnalistik, yakni pengumpulan fakta dan data dari peristiwa atau kejadian tertentu yang akan dibahas.

Mengandung human interest

Isi feature memuat atau mengandung unsur human interest. Karena biasanya feature fokus membahas kehidupan seorang tokoh, seperti karier, pendidikan, kesehatan, kehidupan, dan sebagainya.

Sifat feature

Melansir dari buku Jurnalisme Dasar: Panduan Praktis Para Jurnalis (2017) karya Asti Musman dan Nadi Mulyadi, berikut beberapa sifat feature:

Faktual

Feature ditulis berdasarkan fakta. Artinya peristiwa yang diceritakan memang benar terjadi dalam masyarakat, dan bukan fiktif.

Menerangkan masalah

Sifat feature ini berarti feature dibuat untuk menerangkan masalah, agar dapat dipahami pembaca. Feature tidak dibuat untuk melaporkan masalah dengan segera.

Tidak memaksakan opini

Feature tidak memaksakan opini, baik dari penulis maupun tokoh yang ditulis dalam feature-nya, karena lebih menekankan pada sisi human interest.

Tidak dikekang dengan struktur piramida terbalik

Sifat feature ini berarti susunan penulisan feature tidak harus mengikuti struktur piramida terbalik, seperti penulisan berita.

Baca juga: 8 Jenis Feature Berdasarkan Isinya

Tidak harus selalu menjawab 5W + 1H dengan lengkap

Isi feature tidak harus selalu menjawab 5W (What, Who, When, Why, Where) 1H (How) secara lengkap. Bisa jadi satu tulisan feature hanya menerangkan satu atau beberapa kalimat tanya saja.

Kebanyakan feature bersifat timeless atau tahan lama

Feature bersifat tahan lama, karena yang dibahas bukanlah peristiwa yang harus dilaporkan sesegera mungkin.

Lead feature ditulis atraktif atau punya daya tarik

Sifat feature ini berarti gaya bahasa dan penggunaan kalimat dalam penulisan feature haruslah menarik. Mulai dari penyusunan lead hingga isinya.

Bahasa feature mirip bahasa cerita pendek

Gaya bahasa yang digunakan dalam feature mirip cerita pendek, yakni menyenangkan, menghibur, dan tidak mudah membuat pembaca bosan.

Angle feature bersifat tunggal

Mayoritas feature mengangkat angle tunggal atau hanya membahas satu tokoh saja. Misalnya membahas karier seorang tokoh pejabat, dan lainnya.

Lingkup persoalannya sempit

Sifat feature ini berarti permasalahan yang dibahas dalam feature hanya berfokus pada sebuah peristiwa atau kejadian tertentu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com