Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahasa Jurnalistik: Pengertian Menurut Para Ahli dan Cirinya

Kompas.com - 22/12/2021, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comBahasa jurnalistik, secara garis besar, mencakup aturan penulisan, penggunaan tanda baca, pemilihan kata, aturan penulisan kalimat, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan karya jurnalistik.

Penggunaan bahasa jurnalistik bertujuan mempermudah masyarakat dalam memahami informasi yang dijelaskan secara benar, lengkap, dan menyeluruh.

Apa itu bahasa jurnalistik?

Pengertian bahasa jurnalistik menurut para ahli

Menurut Husen Mony dalam buku Bahasa Jurnalistik: Aplikasinya dalam Penulisan Karya Jurnalistik di Media Cetak, Televisi, dan Media Online (2020), bahasa jurnalistik adalah ragam bahasa baku yang mengikuti kaidah penggunaan huruf, kata, serta kalimat yang benar, dan sesuai kaidah dengan wilayah tempat perusahaan media beroperasi.

Artinya perusahaan media yang beroperasi di Indonesia, harus menggunakan bahasa jurnalistik yang sesuai dengan kaidah kebahasaan bahasa Indonesia.

Baca juga: Jurnalistik: Pengertian dan Karakteristiknya

Dikutip dari buku Jurnalistik Dasar: Trik Menulis Artikel Opini di Media Cetak dan Online bagi Mahasiswa dan Pelajar (2020) karya Teddy Khumaedi, berikut beberapa pengertian bahasa jurnalistik menurut para ahli:

Rosihan Anwar

Rosihan Anwar mendefinisikan bahasa jurnalistik sebagai bahasa yang digunakan wartawan, atau disebut pula bahasa pers. Beberapa sifat khas yang dimiliki bahasa jurnalistik, yakni singkat, padat, sederhana, lancar, jelas, lugas, dan menarik.

Wojowasito

Menurut Wojowasito, bahasa jurnalistik adalah bahasa komunikasi massa sebagai tampak (yang muncul) dalam harian-harian serta majalah-majalah. Dengan fungsi tersebut, bahasa jurnalistik harus jelas dan mudah dibaca oleh mereka (publik) dengan ukuran intelek yang minimal.

Kurniawan

“Bahasa jurnalistik adalah bahasa yang digunakan jurnalis (wartawan) dalam menuliskan karya jurnalistik, seperti surat kabar, majalah, tabloid, buletin, dan sebagainya. Bahasa jurnalistik harus jelas dan mudah dipahami isinya”.

Suroso

Suroso menyebutkan bahwa ragam bahasa jurnalistik punya beberapa ciri khas, yaitu singkat, padat, sederhana, lugas, menarik, lancar, serta jelas.

Yus Badudu

“Bahasa surat kabar harus singkat, padat, sederhana, jelas, lugas, tetapi selalu menarik. Sifat tersebut harus dipenuhi oleh bahasa surat kabar, mengingat bahasa ini dibaca oleh berbagai lapisan masyarakat yang punya tingkat pengetahuan yang tidak sama”.

Ciri bahasa jurnalistik

Melansir dari buku Bahasa Jurnalistik dan Komposisi (2004) karya Rosihan Anwar, berikut beberapa ciri bahasa jurnalistik:

Singkat

Artinya bahasa jurnalistik diharapkan mampu mempermudah masyarakat dalam mencerna informasi yang disampaikan.

Padat

Ciri bahasa jurnalistik ini berarti penyampaian informasi dilakukan secara lengkap kepada masyarakat. Padat dalam konteks bahasa jurnalistik juga berarti penyajian informasi langsung pada pokok persoalannya.

Baca juga: Apa Bedanya Jurnalistik dan Jurnalisme?

Sederhana

Artinya bahasa jurnalistik diharapkan bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari tingkat pendidikan paling rendah hingga paling tinggi.

Lancar

Ciri bahasa jurnalistik ini ditujukan supaya publik tidak membaca informasi secara terputus-putus, melainkan lancar.

Jelas

Dimaksudkan untuk mempermudah pembaca agar memahami informasi yang disampaikan.

Menarik

Ciri bahasa jurnalistik ini dimaksudkan untuk menggugah pubik agar mau terus menerus membaca informasi yang disuguhkan media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com