Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Feature: Pengertian dan 4 Poin Kekhasannya

Kompas.com - 22/12/2021, 14:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comFeature termasuk karya jurnalistik. Berbeda dengan berita, isi feature lebih mengarah pada karangan human interest.

Walau begitu, proses pembuatan feature tetap didasarkan pada temuan data dan fakta dari penulis, sehingga isinya tetap bisa dipertanggungjawabkan, serta sesuai dengan kondisi atau peristiwa yang sebenarnya.

Apa itu feature?

Pengertian feature

Sebagaimana dikutip dari buku 4 Pilar Jurnalistik: Pengetahuan Dasar Belajar Jurnalistik (2018) karya Azwar, Haris Sumadiria mendefinisikan feature sebagai cerita atau karangan khas yang berpijak pada fakta serta data yang diperoleh lewat proses jurnalistik.

Feature adalah cerita atau karangan khas, dan bukan penuturan atau pelaporan soal fakta. Sehingga cara penulisannya pun berbeda dengan berita.

Menurut Asep Syamsul M. Romli dalam buku Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (2012), feature tidak termasuk berita, tajuk rencana, ataupun artikel.

Baca juga: Perbedaan Berita, Artikel, dan Feature

Empat poin kekhasan feature

Berikut ini empat poin kekhasan feature:

Informatif

Dilansir dari buku Jurnalistik Dasar: Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial (2021) karya Khoirul Muslimin, salah satu kekhasan feature terletak pada isinya yang informatif.

Karena informasi dalam feature membahas soal situasi atau aspek kehidupan. Informasi tersebut sifatnya ringan, namun sangat berguna bagi masyarakat.

Menghibur

Kekhasan lain dari feature ialah menghibur. Dalam pembuatannya, terkadang penulis menyertakan aspek humor atau unsur lainnya yang mampu membangkitkan emosi dan rasa simpati pembaca. 

Kreativitas

Kekhasan feature terletak pada sisi kreatifnya. Karena proses pembuatan feature memerlukan kreativitas dari penulisnya.

Feature bukan laporan fiktif, namun harus disusun sedemikian rupa dengan mengkreasikan sudut pandang penulis berdasarkan riset terhadap berbagai fakta.

Boleh subjektif

Feature dikenal khas karena ditulis dengan gaya bahasa jurnalistik serta sastra, yang merujuk pada gaya penulisan cerita pendek (cerpen) yang hidup, menarik, dan boleh bersifat subjektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com