Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jenis Feature Berdasarkan Isinya

Kompas.com - 23/12/2021, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Jenis feature berdasarkan isinya bisa dibagi menjadi delapan, yakni feature bright, feature profil, feature pengalaman pribadi, feature sejarah, feature perjalanan, feature sidebar, feature human interest, dan feature wawancara.

Feature merupakan salah satu karya jurnalistik. Gaya penulisannya cenderung menghibur dan lebih menekankan pada unsur emosi, agar mampu menyentuh atau meraih simpati pembacanya.

Menurut Husen Mony dalam buku Bahasa Jurnalistik: Aplikasinya dalam Penulisan Karya Jurnalistik di Media Cetak, Televisi, dan Media Online (2020), feature adalah jenis karya jurnalistik, berupa uraian fakta yang dikemas dengan gaya bahasa sastrawi, bersifat informatif dan menghibur.

Jenis-jenis feature

Sebenarnya tidak ada patokan pasti soal pembagian jenis feature. Namun, berdasarkan isinya, feature bisa dibagi delapan jenis, yaitu:

Bright (feature bright atau brite)

Dikutip dari buku Jurnalisme Dasar: Panduan Praktis Para Jurnalis (2017) karya Asti Musman dan Nadi Mulyadi, bright adalah feature berbentuk tulisan pendek yang kaya akan unsur human interest.

Umumnya ditulis dengan gaya anekdot dengan klimaks pada bagian akhirnya. Disebut tulisan pendek karena biasanya memuat 100 hingga 250 kata.

Baca juga: Feature: Pengertian dan 4 Poin Kekhasannya

Feature profil atau sketsa pribadi

Jenis feature sketsa mengisahkan tentang karier, pengalaman, hobi, maupun kisah cinta dari seseorang yang menjadi tokoh cerita. Selain keempat hal tersebut, jenis feature ini juga bisa mengangkat tema lain yang berkaitan dengan tokoh tersebut.

Isi feature sketsa tidak memuat penjelasan lengkap soal tokoh yang diceritakan. Namun, dalam feature profil, tokoh yang diceritakan, dijelaskan dan digambarkan secara lebih mendalam.

Feature pengalaman pribadi

Adalah feature yang isinya berupa pengalaman pribadi penulis, atau mengangkat kisah pengalaman orang lain. Pengalaman yang diceritakan dalam jenis feature ini sifatnya unik dan sungguh luar biasa.

Feature sejarah

Jenis feature ini berisikan peristiwa sejarah yang barangkali sudah dilupakan pembaca. Tulisan ini hanya memuat pengungkapan kembali catatan sejarah, tanpa interpretasi serta pendapat penulisnya.

Feature perjalanan

Adalah feature yang biasanya ditulis oleh petualang atau pelaku perjalanan. Feature ini berisikan laporan kisah perjalanan, fakta yang ditemuinya, serta kesan yang didapatkan selama menempuh perjalanan.

Feature sidebar

Jenis feature ini berhubungan dengan peristiwa aktual. Umumnya merupakan bentuk pengembangan atau tulisan yang lebih mendalam dari straight news.

Baca juga: Perbedaan Berita, Artikel, dan Feature

Tidak hanya mengangkat peristiwa aktual, feature sidebar juga menceritakan sisi lain dari sebuah peristiwa yang mengandung unsur human interest.

Feature human interest

Feature ini berisikan kisah yang mampu menyentuh emosi pembaca, membangkitkan perasaan sedih, kecewa, marah, maupun gembira.

Feature wawancara

Jenis feature ini didasarkan pada wawancara. Feature wawancara dikhususkan untuk membahas suatu dialog antara jurnalis dengan tokoh yang diwawancarai, seperti artis, atau tokoh masyarakat. Terkadang feature ini ditulis dengan format tanya jawab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com