Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Alat Musik yang Terbuat dari Tembaga

Kompas.com - 23/12/2021, 17:09 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comAlat musik terbuat dari berbagai materi sepeperti kayu, logam, dan juga plastik. Jenis logam yang paling sering digunakan sebagai alat musik adalah tembaga. Di bawah ini adalah alat musik yang terbuat dari tembaga dan perunggu!

Alat musik tradisional

Alat musik tradisional dikenal menggaunakan bahan alami seeprti kayu, rotan, bambu, dan kulit, namun, ternyata banyak juga alat musik tradisional yang menggunakan bahan logam tembaga dan perunggu. Berikut adalah contohnya!

Gong

Gong adalah alat musik yang terbuat dari tembaga atau perunggu. Pada dasarnya, perunggu juga adalah tembaga.

Menurut Sugeng Slamet dan Suyitno dalam jurnal Pengaruh Komposisi dan Temperatur Ruang terhadap Fluiditas Paduan Perunggu Timal melalui Investment Casting (2017), perunggu adalah campuran antara logam tembaga dan timah.

Baca juga: 10 Alat Musik Melodis

Sebagian besar jenis gong terbuat dari tembaga dan perunggu. Contohnya adalah gong suwukan, boning barung, kenong, kempul, kolintang, pencon, bende, kempyang, tawak, celempong, canang, dan juga gong ageng.

Saron

Saron adalah alat musik keluarga balungan yang juga terbuat dari perunggu. Menurut Eli Trisnowati dalam jurnal Analisis Frekuensi pada Gong Laras Slendro (2017), saron terbuat dari perunggu yang merupakan campuran 10 bagian tembaga dan 3 bagian timah.

Contoh alat musik tradisional yang mirip seperti saron dan juga terbuat dari perunggu adalah gender, slenthem, gambang, peking, demung, dan kethuk.

Alat musik modern

Selain alat musik tradisional, alat musik modern juga banyak yang terbuat dari tembaga. Selain menggunakan tembaga sebagai campuran untuk perunggu.

Melansir dari The Association for Science Education College Lane, alat musik juga menggunakan kuningan yang dasarnya merupakan campuran tembaga dan seng.

Baca juga: Alat Musik Idiophone: Pengertian dan Contohnya

Berikut adalah contoh alat musik modern yang menggunakan tembaga, perunggu, juga kuningan sebagai bahan pembuatannya!

  • Simbal
  • Lonceng
  • Terompet
  • Trombon
  • Saxophone
  • Frech horn
  • Tuba
  • Cornet
  • Klarinet

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com