Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klasifikasi Periklanan Berdasarkan Sasaran yang Ingin Dituju

Kompas.com - 23/12/2021, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Klasifikasi periklanan berdasarkan sasaran yang ingin dituju ada tiga macam, yaitu iklan informatif, iklan persuasif, iklan pengingat, dan iklan penguatan.

Dalam komunikasi pemasaran, periklanan atau iklan masih dipandang sebagai cara paling efektif untuk mengenalkan serta mempromosikan produk atau jasa.

Menurut I Putu Adi Saskara dalam Buku Ajar Media Periklanan Berbasis Impelementasi Tutorial Praktek (Dasar, Penggunaan dan Pembuatan Iklan) (2021), periklanan merupakan bentuk komunikasi yang dibayar, walaupun ada beberapa jenis periklanan yang memanfaatkan ruang khusus yang gratis, seperti iklan layanan masyarakat.

Klasifikasi periklanan berdasarkan sasaran yang ingin dituju

Tujuan utama periklanan ialah membujuk serta memengaruhi konsumen. Agar tujuan ini tercapai, iklan harus ditampilkan menggunakan media massa, seperti koran, majalah, televisi, media daring, dan radio.

Dikutip dari buku Komunikasi Pemasaran (2021) karya Tasnim, dkk, berikut klasifikasi periklanan berdasarkan sasaran yang ingin dituju:

Iklan informatif

Sasaran dari jenis iklan ini adalah memunculkan pengetahuan serta kesadaran calon konsumen terhadap produk baru atau ciri baru yang sudah ada dari sebuah produk.

Baca juga: Klasifikasi Periklanan Berdasarkan Tujuannya

Selain itu, jenis iklan ini juga sering memberi informasi soal kegunaan sebuah produk, perubahan harga, cara kerja produk, pelayanan jasa yang tersedia, dan membangun citra perusahaan.

Iklan persuasif

Sasaran dari jenis iklan ini ialah menghadirkan rasa senang, preferensi, kepastian, dan pembelian atas suatu produk atau penggunaan jasa.

Iklan pengingat

Sasaran dari jenis iklan ini ialah memotivasi konsumen agar membeli produk yang sama secara berulang.

Intinya, iklan pengingat selalu bertujuan untuk mengingatkan konsumen agar membeli suatu produk kembali. Selain mengingatkan, iklan ini juga bertujuan untuk mempertahankan kesadaran konsumen terhadap produk.

Iklan penguatan

Sasaran dari jenis iklan ini adalah meyakinkan konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa, saat mereka sudah menentukan pilihan yang dianggapnya tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com