Kompas.com - 15/07/2021, 12:40 WIB
Kouxian, sebuah idiofon yang dipetik. wikipedia.org/CodellKouxian, sebuah idiofon yang dipetik.

KOMPAS.com - Ada banyak alat musik di dunia, mulai dari tradisional hingga yang modern. Semua alat musik tersebut memiliki ciri khas dan suara yang berbeda.

Selain itu, tiap alat musik juga memiliki cara memainkannya masing-masing, seperti dipukul, dipetik, ditiup, atau lainnya.

Alat musik merupakan alat atau instrumen yang digunakan untuk menghasilkan suara tertentu. Cara memainkan alat musik akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan.

Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya alat musik idiophone atau idiofon.

Menurut Ahmad Faisal Al Kautsar dalam buku Mahir Bermain Gitar (2016), idiofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran badan alat musik tersebut. Atau alat musik yang menggunakan badan alat musik itu sendiri. Artinya ketika dimainkan, alat musik akan bergetar dan kemudian menghasilkan suara.

Baca juga: 4 Alat Musik Daerah Sulawesi Barat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, umumnya alat musik idiophone (idiofon) terbuat dari bahan padat yang beresonansi atau menimbulkan getaran suara. Contohnya seperti kayu, logam, batu, atau bahan lainnya yang padat dan bisa beresonansi.

Contoh alat musik idiofon

Banyak alat musik yang termasuk dalam idiofon. Apa sajakah itu?

  • Kolintang

Adalah alat musik tradisional dari Sulawesi Utara. Alat musik ini terbuat dari kayu khusus yang telah disusun sesuai urutan nadanya. Kolintang dimainkan dengan cara dipukul agar bisa menghasilkan suara.

  • Gong

Adalah alat musik tradisional yang cukup terkenal di Asia Tenggara dan Asia timur. Gong termasuk alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus. Alat musik ini terbuat dari logam.

  • Simbal

Dikutip dari Encyclopedia Jakarta, simbal merupakan alat musik yang sudah digunakan sejak zaman kuno. Simbal memiliki banyak ukuran, mulai dari kecil hingga besar.

Alat musik ini terbuat dari bahan logam dan termasuk dalam jenis alat musik perkusi. Simbal dapat dimainkan dengan cara dipukul pakai alat khusus, dibenturkan atau digesekkan dengan simbal lainnya.

Baca juga: Guoto, Alat Musik Daerah Papua Barat

  • Angklung

Angklung merupakan alat musik idiophone yang bisa ditemui di daerah Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu khusus atau tabung bambu.

Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan. Suara yang dihasilkannya berasal dari efek benturan antar tabung bambu tersebut.

  • Saron

Adalah alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul menggunakan pemukul khusus mirip palu. Saron terbuat dari bilah logam yang telah disusun berdasarkan urutan nadanya.

  • Bonang

Adalah alat musik tradisional yang terbuat dari logam kuningan dan disusun sesuai urutan nadanya. Bonang agak mirip seperti gong, tapi ukurannya lebih kecil. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul sehingga menghasilkan getaran suara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.