Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Massa: Pengertian dan Karakteristiknya

Kompas.com - 23/12/2021, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comMedia massa berperan penting dalam proses penyebaran atau penyampaian pesan ke khalayak luas. Salah satu karakteristik media massa ialah pesan yang disampaikan bisa diterima secara serentak di saat yang bersamaan.

Secara sederhana, media massa bisa diartikan sebagai sarana komunikasi yang mempermudah proses penyampaian dan penerimaan pesan dari sumber pesan ke khalayak luas.

Pengertian media massa

Dikutip dari buku Media Massa dan Pasar Modal: Strategi Komunikasi bagi Perusahaan Go Public (2018) karya Lahyanto Nadie, Wilbur Schramm mendefinisikan media massa sebagai berikut:

“Media massa adalah suatu kelompok kerja yang terorganisasi di sekitar beberapa perangkat untuk mengedarkan pesan yang sama, pada waktu yang sama, ke sejumlah besar orang”.

Maksud dari sistem yang terorganisasi ialah proses produksi dan penyebaran pesan dilakukan oleh pihak perusahaan media secara teratur.

Baca juga: Komunikasi Massa: Pengertian Menurut Para Ahli dan Cirinya

Karakteristik media massa

Menurut Hafied Cangara dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2016), berikut beberapa karakteristik media massa:

Bersifat melembaga

Artinya pihak yang mengelola media massa terdiri dari banyak orang, mulai dari kelompok yang bertugas mengumpulkan pesan hingga yang bertugas untuk menyajikan atau menyebarkan pesan.

Bersifat satu arah

Karakteristik media massa ini berarti komunikasi yang terjalin dalam media massa, kurang bahkan tidak memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim (pihak media) dengan penerima pesan (khalayak luas). Jika ada umpan balik (feedback) pun biasanya membutuhkan waktu dan sifatnya tertunda.

Meluas dan serempak

Media massa dapat mengatasi rintangan waktu serta jarak, karena punya kecepatan untuk menyebarkan pesan.

Selain itu, media massa juga bergerak secara luas dan simultan, yang memungkinkan pesan sampai dan diterima oleh banyak orang di saat yang bersamaan.

Menggunakan peralatan teknis atau mekanis

Proses penyebaran pesan di media massa memerlukan peralatan teknis dan mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, dan lainnya.

Bersifat terbuka

Karakteristik media massa ini berarti pesan yang disebarkan dapat diterima oleh siapa saja dan di mana saja, tanpa memandang usia, jenis kelamin, nama, dan suku bangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com