Kompas.com - 04/12/2021, 13:50 WIB
Ilustrasi komunikasi massa Freepik.com/MacrovectorIlustrasi komunikasi massa

KOMPAS.com - Komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada masyarakat umum atau khalayak luas yang bersifat heterogen.

Proses komunikasi massa menggunakan media massa sebagai sarananya, baik media cetak, audio, gabungan audio visual, atau media luar ruang.

Pengertian komunikasi massa menurut para ahli

Berikut pengertian komunikasi massa dari beberapa ahli, yakni:

John R. Bittner

Sebagaimana dikutip dari buku Komunikasi Massa (2016) karya Khomsahrial Romli, Bittner mendefinisikan komunikasi massa sebagai pesan yang dikomunikasikan lewat media massa kepada sejumlah besar orang.

Gerbner

Menurut Gerbner, komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan pada teknologi lembaga dari arus pesan yang berkesinambungan atau berkelanjutan.

Definisi milik Gerbner menggambarkan bahwa komunikasi massa menghasilkan produk berupa pesan komunikasi. Produk tersebut kemudian disebarkan kepada khalayak luas secara terus menerus, dalam jarak waktu tetap, seperti mingguan atau bulanan.

Baca juga: 12 Prinsip Komunikasi

Maletzke

Maletzke mengartikan komunikasi massa sebagai bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka, lewat media penyebaran teknis secara tidak langsung dan bersifat satu arah.

Freidson

Menurut Freidson, komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah populasi dari berbagai kelompok, dan bukan hanya satu atau beberapa individu saja.

Freidson berpendapat bahwa komunikasi massa punya anggapan tersirat akan adanya alat khusus, untuk mengirimkan pesan agar sampai di waktu yang sama kepada semua orang yang mewakili berbagai lapisan masyarakat.

Wright

Wright mendefinisikan komunikasi massa sebagai bentuk komunikasi yang diarahkan ke khalayak luas, heterogen, dan anonim. Pesan yang disampaikan dalam komunikasi massa sifatnya terbuka, dan dapat diterima secara serentak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.