Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegiatan Ekonomi: Pengertian dan Jenisnya

Kompas.com - 28/10/2022, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Kegiatan ekonomi dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari membeli bahan makanan pokok hingga membeli seragam sekolah.

Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia selalu berhubungan dengan kegiatan ekonomi. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh masyarakat biasa hingga pemerintah.

Pada intinya, kegiatan ekonomi harus dijaga dengan baik supaya roda perekonomian terus berputar. Apa itu kegiatan ekonomi?

Pengertian kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah tindakan atau perilaku manusia yang bertujuan memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Pengertian kegiatan ekonomi adalah tindakan individu dalam menentukan pilihan serta menggunakan peluang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Kegiatan ekonomi terdiri dari produksi, distribusi, dan konsumsi. Orang atau pihak yang melakukan kegiatan ekonomi disebut pelaku ekonomi.

Baca juga: Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Pesisir Pantai

Jenis kegiatan ekonomi

Seperti yang disebutkan di atas, ada tiga jenis kegiatan ekonomi, yakni produksi, distribusi, serta konsumsi. Berikut penjelasannya:

  • Produksi

Merupakan kegiatan untuk menghasilkan barang atau jasa. Kegiatan produksi dilakukan produsen untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Tujuan produksi adalah memenuhi kebutuhan para pembeli atau konsumen, serta mencari keuntungan dalam menghasilkan barang dan jasa.

Contohnya pabrik sepatu yang memproduksi sepatu, industri garmen yang menghasilkan pakaian, dan perajin batik yang membuat batik.

  • Distribusi

Merupakan kegiatan penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan distribusi disebut distributor.

Adapun tugas utamanya ialah membeli barang dari pihak produsen untuk kemudian dijual kepada konsumen.

Baca juga: Manfaat Keberagaman Kegiatan Ekonomi

Distributor terbagi menjadi tiga, yaitu pedagang besar (grosir), pedagang kecil (retail), dan juga perantara.

Contohnya grosir makanan kecil yang menjual produknya dari produsen kepada masyarakat (konsumen).

  • Konsumsi

Merupakan kegiatan ekonomi untuk menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa secara berangsur-angsur atau langsung habis.

Kegiatan ekonomi ini terjadi ketika produsen menjual barang atau jasa langsung kepada konsumen. Bisa juga ketika konsumen membeli barang dari distributor.

Kegiatan konsumsi sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya membeli kebutuhan sehari-hari di toko atau warung.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com