Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klasifikasi Tumbuhan berdasarkan Tempat Hidupnya

Kompas.com - 21/06/2022, 11:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tumbuhan adalah kelompok makhluk hidup yang dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Klasifikasi tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya adalah tumbuhan mesofit, xerofit, hidrofit, higrofit, dan halofit.

Mesofit

Klasifikasi tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya atau ekologinya yang pertama adalah mesofit.

Dilansir dari Biology Online, mesofit adalah kelompok tumbuhan darat yang tumbuh di lingkungan dengan persediaan air rata-rata jika dibandingkan dengan xerofit dan hidrofit.

Artinya, tumbuhan mesofit hidup di tempat yang airnya normal, tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Tumbuhan mesofit hidup di lingkungan yang menguntungkan dan cenderung stabil.

Baca juga: 4 Klasifikasi Sayuran Berdasarkan Pigmen yang Dikandung

Karena selain memiliki katersediaan air yang normal, tempat hidup tumbuhan mesofit juga memiliki suhu yang tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Contoh tumbuhan mesofit adalah jagung, gandum, pisang, papaya, blueberi, semanggi, manga, rambutan, bunga matahari, bunga mawar, bunga tulip, dan bunga aster.

Xerofit

Klasifikasi tumbuhan berdasarkan tempat hidup selanjutnya adalah xerofit.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, xerofit adalah tumbuhan yang hidup di tempat kering dan beradaptasi untuk mencegah kehilangan air atau menyimpan air.

Adaptasi tumbuhan xerofit membuatnya dapat hidup di lingkungan yang kekurangan air (kering) dan juga panas.

Contoh tumbuhan xerofit adalah kaktus, lidah buaya, akasia, buah naga, nanas, adenium, kurma, pir berduri, chia, lavender gurun, dan dandelion.

Baca juga: Contoh Tumbuhan Xerofit

Hidrofit

Hidrofit adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan basah atau berair.

Tumbuhan hidrofit hidup di tempat dengan kadar air tinggi, ada yang terendam secara berkala, ada juga yang terendam secara terus-menerus, dan ada yang hidup di dalam air (tenggelam).

Tanaman hidrofit tidak memiliki stomata, memiliki saluran udara yang membuatnya dapat mengambang, dan juga memiliki lapisan lilin yang melindungi dari pembusukan karena terus terendam dalam air.

Contoh tanaman hidrofit adalah padi, hydrilla, valisineria, lili air, lemna, coontail, rumput belut, lembang (cattails), eceng gondok, dan teratai.

Baca juga: Ciri Khusus Tumbuhan Teratai dan Fungsinya

Higrofit

Klasifikasi tumbuhan berdasarkan tempat hidup selanjutnya adalah higrofit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com