Kompas.com - 11/01/2021, 18:10 WIB
Kaktus Centong, tumbuhan liar yang banyak dijumpai di daerah tandus dan gersang dapat dimanfaatkan untuk obat luka Kaktus Centong, tumbuhan liar yang banyak dijumpai di daerah tandus dan gersang dapat dimanfaatkan untuk obat luka

KOMPAS.com - Di lingkungan yang kering seperti gurun, sangat sulit ditemukan tumbuhan selain kaktus.

Tumbuhan yang ditanam dalam lingkungan kering seperti gurun biasanya akan mati karena kekurangan air. Namun tahukah kamu mengapa kaktus dapat bertahan hidup di gurun yang gersang?

Kaktus dapat bertahan hidup karena merupakan tumbuhan Xerofit. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, xerofit adalah tumbuhan yang telah beradaptasi agar dapat hidup di lingkungan yang kering seperti gurun, rawa air asin, dan rawa air asam. Berikut beberapa contoh tumbuhan xerofit!

Kaktus

Kaktus memiliki duri yang sebenernya adalah daun. Daun berbentuk duri ini dapat meminimalisasi penguapan air dari dalam tubuh kaktus dan melindunginya dari predator.

Kaktus memiliki stomata yang hanya terbuka pada saat suhu rendah, sehingga bisa menghemat air.

Baca juga: Ciri-ciri Khusus Kaktus

Dilansir dari CK-12, kaktus juga memiliki lapisan lilin berupa kulit yang sangat tebal seperti lilin. Sehingga kaktus dapat menyimpan air di dalam batangnya yang tebal.

Lapisan lilin kaktus juga meminimalisasi pergerakan udara sehingga tidak banyak air dalam batang kaktus yang menguap.

Welwitschia mirabilis

Tahukah kamu tentang tumbuhan Welwitschia mirabilis yang dapat bertahan hidup hingga 1500 tahun dalam gurun yang sangat kering?

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Welwitschia mirabilis

Welwitschia beradaptasi di lingkungan gurun dengan daun yang terus-menerus tumbuh besar dan panjang bahkan mencapai puluhan kilometer.

Dilansir dari Deutsche welle, stomata dalam daun yang sangat besar tersebut menyerap air dari kabut dan atmosfer. Ini berarti Welwitschia menangkap kelembaban udara oleh daun tanpa harus menyerap air dari tanah oleh akar.

Poppy Arizona

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Poppy Arizona

Poppy Arizona adalah tumbuhan xerofit dengan adaptasi yang unik. Dilansir dari CK-12, poppy Arizona akan tumbuh saat musim hujan yang singkat lalu akan tetap dalam bentuk benih saat musim kemarau.

Dalam bentuk benih, poppy Arizona dapat bertahan selama tiga hingga sepuluh tahun dengan kondisi kekurangan air dan akan kembali mekar saat musim hujan.

Selain kaktus, Welwitschia mirabilis, dan poppy Arizona, contoh tumbuhan xerofit lainnya adalah pinus, pir berduri, akasia, wolliw artik, bunga kalanchoe, dan mesquite.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X