Kompas.com - 08/01/2021, 17:00 WIB
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Teknologi konstruksi merupakan teknologi yang digunakan untuk membangun sarana dan prasarana.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konstruksi adalah susunan (model, tata letak) suatu bangunan (jembatan, rumah, dan sebagainya).

Dikutip dari buku Bersosialisasi via Teknologi Konstruksi (2018) karya Arie Ekadharma dan Indra Samsudin, konstruksi didefinisikan sebagai susunan (model, tata letak) suatu benda terapan (jembatan, rumah, dan lain sebagainya).

Konstruksi umumnya digunakan pada kegiatan penyusunan bangunan, walaupun kegiatan konstruksi dikenal sebagai satu pekerjaan, tetapi dalam kenyataannya konstruksi merupakan satuan kegiatan yang terdiri dari beberapa pekerjaan lain yang berbeda.

Perkembangan teknologi konstruksi

Perkembangan teknologi konstruksi terus mengalami kemajuan yang sangat pesat. Di mana ditandai dengan munculnya berbagai jenis material dan peralatan yang modern.

Baca juga: Jenis-Jenis Teknologi

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pada awalnya manusia hanya memanfaatkan apa yang ada di alam sebagai tempat tinggal untuk kebutuhan sehari-hari. Pada zaman dahulu manusia menjadikan gua sebaga tempat tinggal.

Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, manusia mulai memanfaatkan apa yang ada pada alam untuk membuat infrastruktur dan bangunan seperti dari, batu, tanah, dan kayu.

Ilmu pengetahuan teknologi terus berkembang dengan sangat pesat. Sehingga membuat manusia mulai menggunakan bahan-bahan olahan hasil rekayasa bahan alam atau industri yang memiliki kekuatan, keindahan untuk bahan infrastruktur.

Jika dulu manusia memakai bambu sebagai dinding rumah, saat ini hampir sebagian besar manusia memilih tembok yang terbuat dari bata semen dan bata sebagai dinding.

Kemajuan teknologi konstruksi tidak hanya dari bahan-bahan yang digunakan, tapi juga alat-alat yang digunakan untuk membuat produk konstruksi.

Baca juga: Pengertian dan Perkembangan Teknologi

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.