Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-Jenis Teknologi

Kompas.com - 08/01/2021, 14:30 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Teknologi merupakan salah satu sarana dan prasarana untuntuk menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh manusia.

Sekarang ini manusia tidak dapat lepas dari kemajuan teknologi yang terus berkembang sangat cepat sejak pertama kali muncul.

Bahkan teknologi sudah masuk dalam berbadang bidang, sehingga memudahkan masyarakat ketika melakukan aktvitas atau memperoleh apa yang diinginkan.

Teknologi merupakan hasil olah pikir manusia untuk mengembangkan atat cara tertentu dan menggunakannya untuk menyelesaikan dalam kehidupan manusia.

Teknologi banyak jenisnya. Berdasarkan kegunaannya teknologi dibagi menjadi beberapa jenis.

Baca juga: Pengertian dan Perkembangan Teknologi

Berikut jenis-jenis teknologi:

Dikutip dari buku Communication Technology (2005) karya Barney, Darin, teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lain.

Sistem komunikasi semakin penting dan komplek dalam bangunan komersil, kelembagaan, dan industri.

Dikutip dari buku Teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan (2018) karya Muhajir Affandi, teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima.

Teknologi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (hardware dan sofware) yang digunakan dalam proses informasi tapi juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Contoh teknologi komunikasi adalah, telepon, internet, televisi, atau radio.

Baca juga: Keseimbangan dalam Pasar Monopolistik

Teknologi transportasi merupakan teknologi yang digunakan oleh orang untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain.

Dikutip dari buku Pengantar Sistem dan Perencanaan Transportasi (2018) karya Rudi Azis dan Asrul, peranan transportasi pada pembangunan wilayah secara menyeluruh telah membawa dampak yang luar biasa, terutama pada hubungan antar berbagai wilayah (aksesibilitas).

Teknologi transportasi dalam perkembangannya telah mengubah hampir seluruh wajah dunia. Sehingga perubahan dari banyak kota-kota trandisional menuju kota modern masih dapat ditarik hubungannya secara jelas dengan pengaruh teknologi transportasi.

Teknologi transportasi merupakan perkembangan lebih lanjut dari pilihan orang untuk mempermudah pergerakan dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com