Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jahit Aplikasi: Pengertian dan Jenisnya

Kompas.com - 07/01/2021, 18:30 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Jahit aplikasi merupakan bagian dari teknik menjahit. Menjahit adalah kegiatan melekatkan atau menyambungkan dua kain dengan menggunakan benang dan jahit.

Jahit aplikasi merupakan teknis menghias permukaan kain dengan cara menempelkan guntingan kain pada kain yang berbeda warna dengan dasar kain.

Kemudian diselesaikan dengan jahit tangan teknik sulam menggunakan tusuk hias feston.

Dikutip dari buku Patchwork & Quilting Untuk Pemula: Berkreasi Dengan Kain Perca (2011) karya Eka Yunita, teknik jahit aplikasi adalah teknik menempelkan kain yang sudah digambar pada kain lain, yang biasa disebut kain dasar.

Melansir jurnal Perca Kaos untuk Tak Remaja Wanita dengan Teknik Jahit Aplikasi (2018) karya Mutamimah, jahit aplikasi adalah seni membentuk gambar dari potongan kain dan ditempel di atas permukaan kain lain dengan menggunakan tangan atau mesin.

Bahan yang digunakan dapat berupa kain polos atau bermotif tergantung desain yang akan dibuat.

Baca juga: Seni Menyulam: Pengertian dan Sejarahnya

Jahit aplikasi cenderung menghias permukaan benda. Sehingga kegiatan jahit aplikasi dapat dikategorikan sebagai kerajinan yang memiliki fungsi hias.

Jahit aplikasi banyak diminati masyarakat sebagai alternatif karya yang menghiasi sebuah benda.

Jenis-jenis jahit aplikasi

Dalam jahit aplikasi ada beberapa jenis yang biasa digunakan ketika akan melakukan kegiatan menjahit dengan teknik jahit aplikasi.

Berikut jenis-jenis teknik jahit aplikasi:

  • Jahit aplikasi standar (onlay)

Jahit aplikasi standar adalah teknik paling dasar dan banyak digunakan masyarakat.

Pada teknik tersebut bagaimana kerajinan tekstil dikerjakan dengan cara membuat gambar pada kain, kemudian digunting dan ditempel pada lembaran kain, selanjutnya diselesaikan dengan teknik sulam.

Baca juga: Jenis-Jenis Seni Menyulam

  • Jahit aplikasi potong sisip (inlay)

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), jahit aplikasi potong sisip adalah teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan dengan melubangi bagian dasar kain yang telah digambari motif sesuai dengan perencanaan.

Kain yang sudah berlubang pada bagian belakang ditempel kain yang berbeda warna dan diselesaikan dengan tusuk hias feston, bisa juga dengan menggunakan mesin bordir.

  • Jahit aplikasi potong motif

Jahit aplikasi potong motif adalah teknik menghias permukaan kain dengan cara memotong motif yang ada pada kain, kemudian ditempel pada permukaan kain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com