Kompas.com - 25/06/2020, 14:54 WIB

KOMPAS.com - Kaktus adalah tumbuhan yang hidup di tempat kering.

Tumbuhan jenis ini punya ciri berbeda dengan tumbuhan yang lain. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), berikut ciri-ciri khusus kaktus!

Tubuh yang tebal

Tak seperti pepohonan yang keras, kaktus adalah tanaman yang lebih lunak. Ini karena di batangnya tersimpan air.

Tubuhnya bukan berupa batang kayu yang keras seperti pepohonan pada umumnya. Tubuhnya berupa batang yang tebal seperti daging.

Tubuh ini menggantikan fungsi daun. Di tanaman lain, daun bertugas melakukan fotosintesis. Adapun pada tanaman kaktus, fotosintesis dilakukan oleh batang berdaging ini.

Hampir seluruh spesies kaktus tidak memiliki daun dan melakukan fotosintesis dengan tubuhnya.

Baca juga: Ciri-ciri Khusus Cicak

Pori-pori kaktus yang ditumbuhi duri Pori-pori kaktus yang ditumbuhi duri
Permukaan berduri

Ciri utama yang membedakan kaktus dengan tanaman lainnya adalah duri. Permukaan kaktus dipenuhi pori-pori yang berambut.

Di semua spesies kaktus, juga selalu ada duri. Duri ini berguna mengurangi penguapan air. Dengan permukaan yang lebih kecil, maka penguapan juga makin sedikit.

Akar panjang

Akar kaktus yang melebar ke samping Akar kaktus yang melebar ke samping

Kaktus punya akar yang memanjang ke samping menjauhi kaktus. Akar yang panjang membantu kaktus menyerap air hujan di permukaan tanah dengan cepat.

Ini berbeda dengan tanaman yang akarnya memanjang ke bawah untuk mengambil air di dalam tanah.

Saat musim hujan, kaktus akan melebarkan akarnya. Sedangkan di musim kemarau, akarnya yang menjadi kering atau busuk diputus.

Baca juga: Ciri-ciri Khusus Bebek

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.