Kompas.com - 25/06/2020, 14:43 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin saat memberikan pidato secara daring di Dies Natalis ke-66 Universitas Muslim Indonesia (UMi) Makassar, Selasa (23/6/2020). Maruf juga menerima gelar Doctor Honoris Causa Bidang Ilmu Manajemen Keminatan Syariah. Dok. KIP/SetwapresWakil Presiden Maruf Amin saat memberikan pidato secara daring di Dies Natalis ke-66 Universitas Muslim Indonesia (UMi) Makassar, Selasa (23/6/2020). Maruf juga menerima gelar Doctor Honoris Causa Bidang Ilmu Manajemen Keminatan Syariah.

KOMPAS.com - Suatu pidato dapat memengaruhi pendengar jika bersifat persuasif. Pidato persuasif dapat diartikan sebagai pidato yang bersifat mengajak atau membujuk pendengar untuk melakukan hal yang disampaikan.

Dalam buku Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan (2019) karya Minarti Try Astuti, pengertian teks pidato merupakan sebuah teks yang berisi gagasan, pendapat, dan pengetahuan terhadap suatu hal yang akan disampaikan di depan umum.

Sebelum memulai menulis, sebaiknya mempersiapkan topik yang ingin disampaikan dalam pidato. Hal ini sangat penting karena keberhasilan mengajak atau membujuk orang.

Dimulai dari pemahaman orang yang menyampaikan pidato terhadap topik yang ingin disampaikan. Jika yang dipilih adalah topik kontroversial, sebaiknya mempersiapkan argumen dari semua sisi atau sudut pandang terhadap topik tersebut.

Baca juga: Struktur Teks Deskripsi dan Kaidah Kebahasaannya

Setelah menentukan topik, diharapkan pemberi pidato memperbanyak membaca buku, surat kabar, atau artikel yang berkaitan dengan topik yang dipilih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Usahakan tidak menggunakan satu sumber sebagai bahan menulis pidato persuasif. Pastikan membaca ragam sudut pandang, bukan hanya satu sudut pandang.

Selanjutnya,memahami tujuan yang ingin dicapai dengan pidato yang akan disampaikan. Setelah semuanya terbuat, yangterakhir adalah memahami pendengar atau audiens yang mendengar pidato persuasif tersebut.

Jika berhasil memahami audiens, maka keberhasilan pidato untuk membujuk atau mengajak mereka akan sangat besar.

Cara membujuk audiens

Ada tiga cara membujuk atau mengajak audiensi, yaitu:

  • Etika, berkaitan dengan perilaku sopan dan santun
  • Emosi, berkaitan dengan perasaan audiens
  • Logika, berkaitan dengan penjelasan yang masuk akal sehingga audiens yakin dan mau percaya dengan isi pidato yang disampaikan.

Baca juga: Pengertian Teks Deskripsi

Menyampaikan pidato persuasifshutterstock Menyampaikan pidato persuasif
Struktur teks pidato persuasif

Adapun struktur teks pidato persuasif sama dengan struktur teks pidato, ceramah, atau khotbah. Berikut struktur teks pidato persuasif, yaitu:

  • Pembukaan

Bagian pembukaan berisi salam dan hormat kepada audiens. Di sini pemberi pidato mengenalkan topik yang akan disampikan dengan menarik.

  • Isi

Bagian isi berisi ide pokok yang disertai argumen yang meyakinkan. Gunakan data dan fakta di dalamnya.

  • Penutup

Bagian penutup berisi kalimat-kalimat penutup, hormat, dan salam yang disampaikan dengan mengesankan.

Baca juga: Jenis-Jenis Teks Deskripsi dan Cara Menulisnya

Hal yang perlu diperhatikan dalam merebut perhatian audiens dengan memberikan pernyataan yang dramatis. Selain itu, perlihatkan atau tunjukkan rasa empati kepada audeiens.

Sampaikan tujuan dan ide-ide pokok dari pidato dengan menambahkan data dan fakta. Tutup pidato yang berkesan di hati audiens.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.