Struktur Teks Deskripsi dan Kaidah Kebahasaannya

Kompas.com - 25/06/2020, 09:00 WIB
Iluistrasi teks deskripsi shutterstock.comIluistrasi teks deskripsi

KOMPAS.com - Teks deskripsi adalah teks dengan gagasan utamanya dikembangkan dengan jelas dan terperinci.

Teks deskripsi sebagai sebuah paragraf yang menggambarkan secara jelas peristiwa, obyek, atau tempat yang dalam bacaan tersebut menjadi topik pembaca.

Dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2017) karya Taufiqur Rahman, dijelaskan teks deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Di mana pembaca dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan apa yang dilukiskan itu sesuai dengan citra penulisnya.

Dalam membuat teks deskripsi harus menyesuaikan struktur yang sudah ada. Berikut struktur teks deskripsi dan penjelasaannya:

  • Identifikasi

Identifikasi merupakan bagian di mana penulis menentukan elemen-elemen yang akan dituangkan dalam teks deskripsi, sesuai dengan topiknya.

Baca juga: Pengertian Teks Deskripsi

Pada tahap ini penulis menentukan identitas seorang tokoh yang digunakan, benda, peristiwa, serta tempat sebagai obyek yang dideskripsikan.

  • Klasifikasi

Di sini penulis memulai menentukan penyusunan kalimat dalam sebuah kelompok yang disesuaikan dengan kaidah serta standar yang telah di tetapkan.

Teks yang telah dibuat secara sistematis ini bertujuan untuk membuat penulis lebih gampang dalam mengembangkan gagasan-gagasan yang ingin disampaikan.

  • Deskripsi bagian

Penulis mulai membuat gambaran-gambaran atau bagian-bagian yang dibahas dalam teks deskripsi. Penulis akan membuat sebuah pemaparan, obyek dalam topik bisa dituliskan secara mudah sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Baca juga: Struktur Teks Eksposisi dan Kaidah Kebahasaannya

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X