Pengertian Teks Deskripsi

Kompas.com - 24/06/2020, 17:00 WIB
Peserta tur melihat papan deskripsi tentang Menara Syahbandar dalam acara tur wisata malam museum bahari, Sabtu (28/12/2019). Nicholas Ryan AdityaPeserta tur melihat papan deskripsi tentang Menara Syahbandar dalam acara tur wisata malam museum bahari, Sabtu (28/12/2019).

KOMPAS.com - Teks diskripsi masuk ke dalam kategori teks nonfiksi. Di mana teks nonfiksi adalah teks yang isinyua bersifat aktual.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, deskripsi artinya pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata yang jelas dan terperinci.

Taufiqur Rahman dalam Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2017) menyatakan kata deskrispsi berasal dari bahasa Latin describere yang artinya menggambarkan atau memberikan sesuatu hal.

Dari segi istilah, deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Pembaca dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan apa yang dilukiskan itu sesuai dengan citra penulisnya.

Baca juga: Pengertian Teks Eksposisi

Kesimpulannya, pengertian teks deskripsi adalah paragraf yang berisi penggambaran suatu obyek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci.

Sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang dideskripsikan oleh penulis.

Deskripsi juga bisa diartikan sebagai gambaran mengenai suatu hal yang dilukiskan dengan kondisi atau keadaan yang sebenarnya.

Berisi penggambaran suatu obyek, tempat, atau peristiwa tertentu sehingga dapat dirasakan, dilihat, dicium, dan didengar oleh pembaca.

Ilustrasi Menulis DeskripsiiStockphoto/Jacob Ammentorp Lund Ilustrasi Menulis Deskripsi
Teks tanggapan deskriptif

Teks tanggapan deskriptif adalah teks deskripsi yang berisi gambaran tentang suatu tempat, suasana, sikap seseorang, atau bentuk fisik benda hidup dan benda mati.

Teks tanggapan deskriptif sebenarnya sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti saat bertanya di mana rumah seorang teman, maka teman tersebut akan menjawab secara jelas dan rinci.

Baca juga: Jenis-Jenis Teks Eksposisi dan Cirinya

Jawaban dari seorang teman tersebut dapat dikategorikan sebagai teks tanggapan deskriptif, karena menggambarkan tempat dan suasana sebuah bangunan rumah.

Teks tanggapan deskriptif terbagi menjadi tiga jenis yang terdiri dari:

  • Teks deskriptif spasial adalah teks yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa.
  • Teks deskriptif obyektif adalah teks yang menggamabrkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitasnya.
  • Teks deskriptif subyektif adalah teks deskriptif yang menggambarkan obyek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.


Sumber KBBI
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X