Kompas.com - Diperbarui 07/01/2022, 17:26 WIB
Ilustrasi menulis teks deskripsi ShutterstockIlustrasi menulis teks deskripsi

KOMPAS.com - Teks deskripsi banyak digunakan alam kehidupan sehari-hari untuk menggambarkan orang, hewan, tumbuhan, peristiwa, atau benda.

Dari segi istilah, deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2017) karya Taufiqur Rahman, menjelaskan teks deskripsi diartikan sebagai gambaran mengenai suatu hal yang dilukiskan dengan kondisi atau keadaan yang sebenarnya.

Jenis-jenis teks deskripsi

Teks deskripsi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Teks deskripsi eksplanatori

Teks deskriptif eksplanatori merupakan teks yang bertujuan memberikan identifikasi atau informasi obyek.

Teks deskriptif eksplanatori bertujuan membuat pembaca dapat mengenali obyek tersebut bila bertemu atau berhadapan dengannya.

Baca juga: Pengertian Teks Deskripsi

Sehingga teks deskriptif eksplanatori menggambarkan obyek secara apa adanya tanpa disertai opini penulis. Misalnya, dekskripsi tentang keadaan suatu ruang, tempat, atau suatu obyek sesuai pengamatan indrawi penulis.

Contohnya: 

Gedung berlantai dua yang luas tersebut hanya berupa ruang kosong dan di lantai bawah tanah terdapat lorong bak penampungan air.

Teks deskripsi sugestif

Ters deskripsi sugestif adalah teks yang berusaha untuk menciptakan suatu penghayatan terhadap obyek melalui imajinasi para pembaca.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.