Kompas.com - 27/04/2021, 12:15 WIB
Ilustrasi bunga teratai putih. ShutterstockIlustrasi bunga teratai putih.

KOMPAS.com - Teratai adalah tumbuhan yang hidup di air seperti rawa-rawa dan kolam dangkal. Teratai sangatlah terkenal di benua Asia.

Bunga teratai seringkali disimbolkan sebagai kesucian karena walaupun hidup di air yang kotor dan berlampur, bunga teratai tetaplah besih tidak terkotori air tersebut.

Untuk dapat hidup dalam habitat tersebut, teratai memiliki ciri fisik khusus yaitu:

  • Akar pendek dan berserat

Tumbuhan teratai memiliki akar yang pendek dan berserat yang tertanam di dasar. Akar teratai berfungsi untuk merekatkan tumbuhan teratai ke dasar air sehingga tidak mudah terbawa arus ataupun tercabut tangan manusia.

Akar teratai tidaklah panjang maupun besar karena tidak perlu banyak menyerap air karena teratai sendiri telah tergenang air sepanjang waktu.

Adapun akar yang berserat memungkinkan akar tersebut untuk mengapung di air dan menyerap cahaya dengan mudah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Fakta Unik Rafflesia Arnoldii, Bunga Tunggal Terbesar di Dunia

  • Batang kuat dan berongga 

Batang teratai adalah rhizome atau biasa disebut sebagai rimpang. Batang teratai menghubungkan akar yang tertanam di dasar permukaan dengan daun dan bunga yang berada di permukaan air.

Batang teratai kokoh dan memiliki rongga. Rongga tersebut berbentuk ruang untuk transport gas yang dinamakan dengan aerenkim.

Dilansir dari Oxford Academic Journals, pada tanah yang tergenang air difusi gas akan 10.000 kali lebih lambat dari udara, sehingga akar tidak mendapatkan oksigen yang cukup dari daun dan menjadi mati.

Aerenkim berfungsi agar transport gas pada tumbuhan teratai berjalan dengan lancar, sehingga akar tetap bisa berespirasi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X