Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Perbedaan Tempat Tinggal bagi Penduduk Indonesia

Kompas.com - 18/05/2022, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia memiliki kenampakan alam yang sangat beragam. Mulai dari dataran tinggi, pantai, hingga dataran rendah.

Keberagaman kenampakan alam tersebut memunculkan berbagai lokasi tempat tinggal bagi penduduk Indonesia.

Tentunya tempat tinggal masyarakat di kawasan dataran tinggi akan berbeda dengan yang bermukim di wilayah pantai serta dataran rendah.

Tanpa disadari hal ini menimbulkan sejumlah perbedaan dan pengaruh.

Pengertian tempat tinggal

Dikutip dari jurnal Pengaruh Lokasi Tempat Tinggal dan Adversity Quotient terhadap Adaptasi pada Permukiman (2013), tempat tinggal adalah rumah berwujud bangunan yang dijadikan sebagai tempat tinggal suatu keluarga atau individu dalam jangka waktu tertentu.

Maksud dari tempat tinggal ialah tempat untuk bertumbuh, makan, tidur, bekerja, atau menjalankan berbagai aktivitas lainnya.

Baca juga: 5 Penyebab Keberagaman Masyarakat di Indonesia

Dengan demikian, manusia membutuhkan tempat tinggal untuk berlindung, bertumbuh, berkembang, serta melakukan kegiatannya.

Apa pengaruh perbedaan tempat tinggal bagi penduduk Indonesia?

Pengaruh perbedaan tempat tinggal bagi penduduk Indonesia adalah perbedaan mata pencarian serta kegiatan usaha.

Berikut penjelasannya:

Perbedaan mata pencarian

Menurut Muhammad Alfan dalam buku Berdamai dengan Wabah (2021), mata pencarian masyarakat sangat dipengaruhi tempat di mana mereka tinggal.

Contoh, masyarakat yang tinggal di pedesaan akan mengandalkan sektor pertanian sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sementara masyarakat di daerah perkotaan banyak yang bekerja atau mengandalkan sektor industri. Berbeda lagi dengan penduduk yang tinggal di kawasan dataran tinggi dan pantai.

Bisa dikatakan perbedaan mata pencarian ini merupakan bentuk adaptasi penduduk Indonesia terhadap wilayah tempat mereka tinggal dan hidup.

Baca juga: Keberagaman Jenis Pekerjaan atau Profesi di Sekitar Kita

Kegiatan usaha

Adalah segala bentuk kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup serta keinginannya.

Pengaruh perbedaan tempat tinggal bagi penduduk Indonesia adalah perbedaan kegiatan usaha yang dilakukan masyarakat setiap harinya.

Misal, kegiatan usaha masyarakat dataran tinggi akan berfokus pada perkebunan dan wisata.

Sementara kegiatan usaha masyarakat di sekitar pantai akan mengutamakan sektor kelautan. Sedangkan masyarakat di dataran rendah akan memiliki kegiatan usaha yang berkaitan dengan industri serta perkantoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com