Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keberagaman Jenis Pekerjaan atau Profesi di Sekitar Kita

Kompas.com - 01/04/2022, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber Britannica

KOMPAS.com - Keberagaman tidak selalu tentang perbedaan suku, agama, ras, atau keyakinan saja, tetapi juga mencakup jenis pekerjaan atau profesi.

Dalam praktiknya, keberagaman bisa ditemui di lingkungan sekitar kita. Contohnya keberagaman usia, jenis kelamin, fisik, dan sebagainya.

Menurut Ali Chaerudin, dkk dalam buku Sumber Daya Manusia: Pilar Utama Kegiatan Operasional Organisasi (2020), keberagaman adalah perbedaan di antara manusia, disebabkan oleh usia, jenis kelamin, ras, etnis, agama, pendidikan, pengalaman, dan sebagainya.

Keberagaman jenis pekerjaan atau profesi

Keberagaman juga berkaitan dengan pekerjaan atau profesi. Sebab tiap manusia memiliki kemampuan dan keterampilan yang berbeda.

Hal inilah yang kemudian menimbulkan keberagaman jenis pekerjaan atau profesi. Artinya tiap manusia memiliki pekerjaan yang berbeda satu sama lain.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, pekerjaan adalah hal yang dilakukan seseorang secara teratur guna mendapatkan uang.

Baca juga: Manfaat Keberagaman di Rumah beserta Contohnya

Sementara itu, dikutip dari buku Hukum dan Etika Bisnis (2020) oleh Moh. Ja'far Sodiq Maksum, profesi adalah tiap kegiatan tetap yang dilakukan untuk memperoleh nafkah dengan berkarya serta menerima penghasilan.

Tuliskan 5 keberagaman dalam jenis pekerjaan atau profesi di sekitar kalian!

Lima jenis keberagaman dalam jenis pekerjaan atau profesi di sekitar kita adalah guru, karyawan swasta, ibu rumah tangga, dokter, dan pedagang.

Keberagaman jenis pekerjaan atau profesi tersebut sudah seharusnya dihargai dan dihormati. Berikut beberapa cara menghargai perbedaan keberagaman pekerjaan atau profesi tersebut:

  1. Menghormati pekerjaan orang lain
  2. Tidak membeda-bedakan pekerjaan atau tingkatannya
  3. Tidak menghina atau mengejek suatu jenis pekerjaan, karena tiap orang memiliki pekerjaan berbeda
  4. Bersikap sopan, ramah, dan santun terhadap orang lain yang memiliki pekerjaan berbeda.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com