Kompas.com - 31/03/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Secara umum, wirausaha merupakan proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. 

Wirausaha merupakan terjemahan dari entrepreneur. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti wirausaha sama dengan wiraswasta, yakni orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, dan mengatur permodalan operasinya. 

Pengertian wirausaha

Beberapa pengertian wirausaha menurut para ahli yang dirangkum dari buku Kewirausahaan: Teori dan Contoh-contoh Rencana Bisnis (2021) oleh Asnawati, yaitu: 

  • Wirausaha menurut J.B Say 

Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi. 

  • Wirausaha menurut Richard Cantillon 

Wirausaha merupakan seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru.

  • Wirausaha menurut Dan Stein dan Jhon F. Burgess

Wirausaha yaitu orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru. 

  • Wirausaha menurut Vernon dan John H. Jackson 

Wirausaha adalah menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil. 

Dalam konsep wirausaha terdapat kemauan menanggung risiko dan keberanian memulai usaha. 

Baca juga: Mengapa Wirausaha Perlu Menumbuhkan Gagasan Kreatif?

  • Wirausaha menurut Geoffrey Meredit 

Wirausaha yakni orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripada mengambil tindakan yang tepat untuk meraih kesuksesan. 

  • Wirausaha menurut Marzuki Usman 

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengombinasikan sumber daya, seperti keuangan, tenaga kerja, material, keterampilan untuk menghasilkan produk, bisnis, proses produksi, dan organisasi baru. 

Halaman:

Video Pilihan

Sumber KBBI
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.