Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Pengaruh Wirausaha terhadap Perkembangan Sosial dan Budaya?

Kompas.com - 08/11/2021, 13:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comWirausaha adalah kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Wirausaha memberikan banyak pengaruh dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Adakah pengaruh seorang wirausaha terhadap perkembangan sosial dan budaya? Berikut penjelasannya: 

Mensejahterakan rakyat

Kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial yang paling sulit untuk diatasi. Wirausaha dapat membantu mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan rakyat.

Wirausaha memberikan peluang bagi rakyat untuk membuka usahanya sendiri. Wirausaha juga membuka banyak lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran, dan menambah pendapatan perkapita rakyat yang secara otomatis menggerakkan perekonomian bangsa.

Dengan pendapatan perkapita yang bertambah, rakyat dapat menjangkau fasilitas pendidikan, kesehatan, kebersihan, bahan pangan yang bergizi, dan menurunkan kriminalitas. Sehingga, wirausaha dapat membantu mensejahterakan rakyat.

Baca juga: Pengaruh Wirausaha terhadap Kesejahteraan Hidup Keluarga dan Pegawainya

Meningkatkan daya saing bangsa

Menurut Agus Prianto dalam jurnal Urgensi Penguatan Budaya Wirausaha untuk Meningkatkan Daya Saing Indonesia di Era MEA (2015), keberadaan pewirausaha akan menjadi penyangga utama penggerak perekonomian dan penopang daya saing bangsa.

Disebut menopang daya saing bangsa, kareana wirausaha menghasilkan berbagai produk baik barang ataupun jasa yang dapat bersaing dengan produk internasional.

Membangun jejaring sosial

Wirausaha adalah suatu kegiatan yang kompleks dan melibatkan banyak orang. Misalnya tenaga kerja, pembeli, penyalur, pemasok bahan baku, hingga wirausaha lainnya. Wirausaha berkomunikasi dan membangun hubungan sosial yang baik dengan orang-orang tersebut.

Hubungan sosial yang baik dan luas, dapat menjadi salah satu kunci kecuksesan wirausaha. Sehingga, membangun jejaring sosial merupakan salah satu dari pengaruh wirausaha.

Wirausaha juga membantu membangun jaringan sosial antar negara. Seperti yang diketahui, bahwa perdagangan merupakan salah satu faktor pendorong terjadinya globalisasi (keterhubungan manusia secara global).

Baca juga: Pengaruh Wirausaha terhadap Masyarakat, Lingkungan, dan Bangsa

Membangun budaya wirausaha

Banyak orang yang ingin menjadi wirausaha, namun banyak juga yang menyerah karena merasa sulit.

Menjadi wirausaha tidak hanya diperlukan kemampuan berjualan, melainkan pola pikir. Pola pikir ini bisa terbentuk sejak dini jika berada dalam lingkungan wirausaha.

Wirausaha akan membentuk pola pikir yang menggambarkan bahwa berwirausaha adalah pekerjaan yang layak, tidak perlu malu untuk memulai dari skala kecil, tidak perlu gengsi untuk berjualan sendiri, dan bahwa wirausaha bisa mencapai kesuksesan.

Aryan E. P. Nugraha dalam jurnal Budaya Kewirausahaan dan Implikasinya pada Pertumbuhan Ekonomi Daerah (2017) menyebutkan bahwa pola pikir tersebut akan tertanam terus-menerus sehingga di masa mendatang akan jadi suatu kebiasaan yang menjadi budaya berwirausaha.

Sehingga wirausaha yang dilakukan orang lain, dapat mempengaruhi pola pikir orang lain. Mendorong mereka untuk ikut melakukan wirausaha dan membangun budaya wirausaha.

Baca juga: Apa itu Wirausaha?

Terbentuknya etika bisnis

Pengaruh wirausaha lainnya dalam perkembangan bidang sosial budaya adalah terbentuknya etika bisnis.

Deril Aditiya Novaldi dalam skripsi Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Budaya Keluarga terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga/Bisnisn FISIP USU Medan (2017) menyebutkan bahwa etika bisnis menegaskan bahwa tidak boleh hanya mengejar keuntungan semata, melainkan harus memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Etika bisnis adalah budaya yang terbentuk dari wirausaha yang jujur dan komunitas wirausaha yang kuat.

Etika bisnis membuat seseorang tidak hanya memikirkan keuntungan semata sehingga bisa melakukan hal buruk seperti menipu, mencurangi, dan juga merusak sumber daya yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com