Kompas.com - 04/11/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi karakteristik wirausaha freepik.com/ tirachardzIlustrasi karakteristik wirausaha

KOMPAS.comWirausaha adalah salah satu pekerjaan yang menjadi impian banyak orang. Wirausaha dianggap melakukan pekerjaan yang dimiliki oleh diri sendiri juga dipimpin diri sendiri (tidak berada di bawah pimpinan atasan).

Pengertian wirausaha menurut para ahli 

Apa itu wirausaha? Berikut adalah pengertian wirausaha menurut para ahli:

Jean-Baptise Say

Jean-Baptise Say adalah orang yang pertama kali menciptakan istilah wirausaha. Menurut Jean-Baptise Say, wirausaha adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi dan menemukan nilai produksinya.

Menurutnya, seorang wirausaha juga menggeser sumber daya dari area produktivitas rendah ke area dengan produktivitas tinggi untuk mendapatkan hasil yang lebih besar.

Joseph A. Schumpeter

Joseph A. Schumpeter dalam bukunya Economic Theory and Entrepreneurial History (1965) menyebutkan bahwa pengusaha adalah individu yang memperkenalkan sesuatu yang baru dalam perekonomian dan memanfaatkan peluang pasar melalui teknis juga inovasi organisasi.

Peter F. Drucker

Peter F. Drucker dalam buku Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles (1986) menyebutkan bahwa wirausaha artinya orang yang selalu mencari perubahan, menanggapinya, dan memanfaatkannya sebagai peluang.

Lebih lanjut, Drucker menyebutkan bahwa inovasi merupakan alat khusus yang digunakan wirausaha sebagai peluang bisnis atau layanan yang berbeda.

Thomas W. Zimmerer

Thomas W. Zimmerer dalam buku Entrepreneurship and The New Venture Formation (1996) menyebutkan bahwa wirausaha yakni seorang yang menciptakan bisnis baru dalam menghadapi resiko dan hal yang tidak menentu untuk mencapai keuntungan, mengindentifikasi peluang, dan merancang sumber daya peluang-peluang tersebut.

Geoffrey G. Meredith

Geoffrey G. Meredith dalam buku Kewirausahaan: Teori dan Praktik (2000) menyebutkan bahwa wirausaha merupakan seseorang yang seseorang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai peluang-peluang bisnis untuk mengambil keuntungan dan tidakan yang tepat demi kesuksesan.

W. K. Bolton dan J. L. Thomson

W. K. Bolton dan J. L. Thomson dalam buku Entrepreneurs: Talent, Temperament, Technique (2000) menyebutkan bahwa wirausaha yaitu seseorang yang terbiasa menciptakan dan berinovasi untuk membangun sesuatu yang bernilai dari peluang yang disadarinya.

Dari pengertian-pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa wirausaha adalah orang yang dapat mengenali suatu peluang dan memanfaatkan peluang tersebut menjadi suatu usaha untuk mendapatkan keuntungan. Wirausaha juga memiliki kemampuan mengelola sumber daya juga tenaga kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.